Sembako

Kastara.ID, Depok – Menjelang bulan suci Ramadan 1440 H, Wali Kota Depok Mohammad Idris melakukan peninjauan harga-harga kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Rabu (2/5).

Ikut dalam peninjauan tersebut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kania Parwati, Kasatpol PP Linda, beberapa Staf Akhli dan Assisten, Camat Sukmajaya Tito, Kapolsek dan Danramil Sukmajaya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memasuki bulan suci Ramadan. “Yang kita cek adalah harga-harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako),“ ujar Idris.

“Ada beberapa harga mengalami kenaikan, namun masih dalam kendali standar harga tingkat provinsi. Dijumpai harga bawang putih Rp 80 ribu/kg, untuk standarnya sekitar Rp 68 ribu/kg. Bawang merah di kisaran Rp 48–50 ribu/kg, daging Rp 120 ribu/kg, telur boiler Rp 24–25 ribu/kg. Ini masih normal, demikian pula harga beras ada yang turun dan normal,” ungkap Idris.

Sementara Kepala Disdagin Kania Parwati menjelaskan bahwa puhaknya selalu memantau ketersediaan stok bahan pokok. Namun demikian, Kania tetang mengimbau masyarakat agar selalu berpikir bijaksana dalam membeli barang.

Menurut Kania, ketersediaan bahan di pasar sudah mencukupi, sehingga warga diharapkan jangan membeli sembako berlebihan untuk menghindari terjadi inflasi tinggi yang mengakibatkan daya beli menjadi turun.

“Selama bulan puasa, nantinya akan ada operasi rutin dilaksanakan sebanyak dua kali. Sebelum puasa, Disdagin sudah melaksanakan pasar sembako murah untuk menolong dan mengantisipasi kebutuhan warga masyarakat yang kurang mampu,” imbuh Kania. (*)