Fiji

Kastara.ID, Nadi – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri  pertemuan bilateral antara Indonesia dan Fiji. Pertemuan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Asian Development Bank Annual Meeting yang ke-52 di Nadi, Fiji, Kamis (2/5).

Pada pertemuan ini, Pemerintah Fiji menyampaikan keinginannya untuk melakukan diversifikasi pendanaan untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mereka dan mengundang investor dari Indonesia untuk bergabung. Beberapa sektor yang menjadi fokus Pemerintah Fiji adalah turisme dan energi.

Menkeu selaku perwakilan dari pemerintah Indonesia menyambut baik tawaran Pemerintah Fiji. Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Indonesia sampai saat ini masih terus membangun infrastruktur khususnya di daerah Timur Indonesia.

“Indonesia akan terus melakukan kerjasama dengan Fiji dan akan melibatkan beberapa instrumen misalnya South-South Cooperation. Indonesia juga telah dan akan terus membangun infrastruktur khususnya di daerah Timur Indonesia yang masih terhubung dengan negara Pasifik,” terang Menkeu.

Dalam kesempatan yang sama, Pemerintah Fiji menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia khususnya terkait bantuan Indonesia pada saat Fiji mengalami bencana alam. Sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah membantu Fiji dengan membangun sekolah yang mengalami kerusakan akibat bencana alam. (rya)