Hari Pendidikan Nasional 2019

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 tingkat Provinsi DKI Jakarta di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (2/5).

Hari Pendidikan Nasional 2019 mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Turut mengikuti jalannya upacara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dan perwakilan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Anies mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk meningkatkan program mutu guru.

“Kita ingin lebih banyak lagi guru-guru tersertifikasi dan meningkat kompetensinya. Sehingga akan memberikan dampak baik bagi peserta didik,” ujarnya.

Anies menjelaskan, para peserta didik menjadi bagian penting dalam lingkungan sekolah. Untuk itu, aspirasi yang disampaikan juga perlu didengar agar mereka bisa melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar (KBM) dengan nyaman.

“Kalau sekolahnya menyenangkan maka akan mudah menuju langkah selanjutnya. Jika kacau maka sulit untuk melaksanakan program yang sudah kita susun,” terangnya.

Ia berharap, para kepala sekolah di Ibukota bisa melaksanakan fungsi kepemimpinan dengan sebaik-baiknya. Sebab, kepala sekolah menjadi salah satu kunci penting keberhasilan pendidikan.

“Bila bisa memimpin dengan baik maka ekosistem sekolahnya bisa lebih baik, sama dengan di perusahaan, kepala sekolah adalah manajernya,” tandasnya. (hop)