Camat Ciracas

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 30 personel gabungan dari unsur Satpol PP, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, LMK, FKDM dibantu aparatur TNI dan Polri, melakukan monitoring protokol kesehatan (Prokes) di Pasar Ciracas dan Pasar Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Ahad (2/5).

Camat Ciracas Mamad mengatakan, pengawasan dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat tetap mematuhi Prokes demi pencegahan penyebaran COVID 19. Petugas menyasar pasar tradisional karena ramai dikunjungi warga saat akhir pekan.

“Kegiatan ini untuk memonitoring prokes di pasar tradisional. Selain itu juga untuk sosialisasi dan edukasi pada pengunjung maupun pedagang pasar,” kata Mamad.

Menurutnya, dalam kegiatan ini pihaknya hanya memberikan imbauan dan edukasi. Jika ditemukan ada warga tak mengenakan masker, diminta kembali ke rumah atau keluar pasar untuk membeli masker.

“Monitoring seperti ini kita lakukan rutin pada Sabtu dan Minggu. Karena jelang lebaran ini pasar tradisional ini ramai dikunjungi warga. Sejauh ini belum ditemukan ada warga yang tak mengenakan masker masuk ke area pasar tradisional,” lanjut Mamad.

Dari hasil monitoring ini, jelas Mamad, pihaknya tidak menemukan warga yang tak mengenakan masker masuk ke area pasar. Namun pihaknya mengimbau pedagang untuk selalu menyiapkan hand sanitizer di kios atau lapaknya masing-masing.

Selain itu ia juga meminta pada pengelola pasar agar membuat alur keluar masuk orang secara teratur dan dipisah agar tidak terjadi penumpukan dalam satu koridor.

“Kami juga minta pengelola pasar mengecek suhu tubuh pengunjung yang masuk pasar,” pungkasnya. (hop)