MotoGP 2021

Kastara.ID, Jakarta – Tim balap milik pembalap Italia Valentino Rossi yakni satelit Aramco Racing Team VR46 Ducati akan debut mulai musim 2022 mendatang. Satu pembalap sudah diamankan, meski belum dirilis resmi, dia adalah runner-up Moto2 2020, Luca Marini.

Mengenai pembalap kedua ada pilihan dengan pembalap Italia, Marco Bezzecchi. Kemungkinan lainnya adalah Rossi sendiri yang dirumorkan membalap untuk timnya sendiri.

Kesepakatan baru antara Aramco VR46 dan Ducati bergema di paddock MotoGP di Assen lalu. Kolaborasi tiga tahun dengan rincian satu motor pabrikan Desmosedici dan satu motor dari tahun sebelumnya dengan update terbaru.

Pablo Nieto, orang kepercayaan Rossi, akan berperan sebagai manajer tim. yang sejak tahun ini dia telah menguji medan MotoGP bersama dengan Marini di tim setengah debut mereka, Sky VR46 Avintia.

“Kami bekerja sama lagi tahun ini, kami bergaul dengan baik dengan tim Avintia, itu adalah jaminan. Kami ingin melakukan sesuatu yang penting untuk tahun depan,” ujar Nieto sebagaimana dimuat Motosan.

Marini sudah pasti akan menjadi pembalap mereka, namun nama pebalap kedua baru akan diumumkan secara resmi setelah liburan musim panas dan tidak menutup kemungkinan Rossi bisa masuk ke Ducati.

“Pada akhirnya kami bekerja, kami akan segera menceritakannya. Untuk balapan di Austria kita akan tahu siapa pembalap kedua,” imbuhnya.

Pihak Ducati juga sangat bersemangat tentang kesepakatan ini, dengan demikian akan ada delapan Desmosedici di grid di musim MotoGP mendatang.

“Kesepakatan yang sangat penting bagi kami, kami akan memberikan dukungan teknis maksimal kepada tim VR46,” ungkap petinggi Ducati Paolo Ciabatti.

“Kami telah menunjukkan bahwa kami dapat mengelola tim satelit Ducati dengan baik. Kami sudah mulai berbicara dengan Pablo (Nieto) dan Uccio, kami mengharapkan hal-hal besar dari komitmen bersama ini. Dia akan mendapat satu motor pabrikan (untuk pembalap pertama), untuk pembalap kedua akan ada motor versi 2021 dengan update terbaru,” paparnya.

Mengenai pilihan nama pembalap yang akan bertandem dengan Marini. Ada nama Bezzecchi atau Rossi sendiri?

“Akan sangat menyenangkan bersama Rossi di Ducati, tetapi keputusan ada di tangan timnya,” tamdasnya.

Pengumuman resminya patut dinantikan setelah libur paruh musim, sekitar awal Agustus mendatang. (tra)