MotoGP Belanda 2022(motogp.com)

Kastara.ID, Madrid – Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder bertarung sengit melawan pembalap Ducati Lenovo, Jack Miller hingga lap terakhir di MotoGP Belanda.

Namun keduanya dikejutkan dengan kedatangan pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro hanya beberapa meter menjelang tikungan akhir.

Bahkan, Aleix dengan mudahnya melewati mereka berdua. Tapi, apakah overtake ganda oleh Aleix bersih?

“Saya melewati Jack, karena saya melihat dia mungkin mengalami masalah ban atau semacamnya,” jelas Binder menjelaskan pertarungannya di Assen, sebagaimana dilansir Crash.

“Sepertinya dia benar-benar kesulitan saat menarik tuas gas. Jadi saya mengejar dan saya hanya melewatinya, dan segera setelah saya mendorongnya ke dalam, saya hampir mencapai puncaknya, dan saya baru saja melihat motor ini. Saya menarik kaki saya dan mencoba untuk tetap sedekat mungkin dengannya, tapi jelas begitu saya mengambilnya, saya langsung menabrak Jack. Jadi saya berada di tengah sandwich di sana. Tidak satu pun yang saya inginkan,” papar pembalap Afrika Selatan itu.

Sementara Aleix melakukan late-breaking dan menyalip Binder dan Miller, melalui apex tanpa masalah dan finis keempat, Miller jadi yang paling dirugikan setelah melebar dan menyelesaikan balapan di posisi keenam.

Miller awalnya tidak terkesan dengan Binder yang memicu kontak, namun mengambil kesimpulan berbeda setelah melihatnya dari sudut lain, menyalahkan dirinya sendiri yang tidak menutupi racing line.

“Saya kehilangan semua kecepatan saya ke depan lurus (ketika mencoba melewati Vinales lap sebelumnya) dan itu menempatkan saya dalam jangkauan dua lainnya untuk menyerang saya di lap terakhir,” kata Miller.

“(Saya terkejut oleh) Aleix dan Brad, jujur. Saya menarik stang ke siku dan tidak benar-benar harus pergi ke mana pun. Saya tidak mengharapkannya, tidak. Jadi itu salah saya. Seperti yang saya katakan, saya bertanggung jawab penuh atas itu, tapi itulah adanya. Saya sangat senang dengan balapan hingga lap terakhir. Saya bisa melakukan banyak hal dengan lebih baik, tapi itulah balapan. Melihat ke belakang adalah hal yang luar biasa,” sambungnya.

Sementara Binder ketika ditanya oleh David Emmett (Motomatters), apakah overtake ganda Aleix bersih atau tidak?

“Sejujurnya, sobat, saya angkat topi untuk pria itu! Saya datang dengan kencang, tentu saja, untuk mencoba dan melewati Jack. Entah bagaimana, dia mengebom kami berdua!” pungkas Binder. (tra)