Grab

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Grab adalah unicorn Indonesia terbaru. Hal itu dikatakan saat Jokowi menerima kunjungan CEO SoftBank Group Masayoshi Son pada Senin (29/7). Dalam postingan di akun twitter pribadinya @jokowi, Presiden Jokowi mengatakan perusahaan asal Jepang itu berencana menanamkan modal di Indonesia melalui Grab.

Dalam cuitannya, Jokowi mengatakan grup miliarder terkaya kedua di Jepang itu ingin meningkatkan invetasinya di Indonesia, terutama di bidang teknologi dan pegembangan unicorn di Indonesia. SoftBank akan berinvestasi sebesar dua miliar dolar AS melalui Grab. Selain itu SoftBank akan membuka kantor pusat kedua Grab di Indonesia.

Hal inilah yang menurut Jokowi menjadikan Grab sebagai unicorn kelima Indonesia. Sebelumnya sudah ada empat unicorn asli Indonesia, yakni Gojek, Bukalapak, Traveloka, dan Tokopedia. Jokowi menyatakan Grab telah memvalidasi upaya perusahaan teknologi itu untuk menjadi lebih Indonesia melalui kemitraan dan inisiatif lokal.

Jokowi menambahkan, investasi Masayoshi Son melalui Grab ini akan digunakan untuk membangun jaringan transportasi perkotaan modern. Selain itu juga untuk membangun ekosistem kendaraan listrik dan mengubah layanan penting seperti industri kesehatan.

Sebutan Grab sebagai unicorn milik Indonesia mengundang pertanyaan. Grab yang jelas-jelas milik Singapura, kini malah diaku Jokowi sebagai milik Indonesia. Opo tumon? (rya)