Kastara.ID, Makkah – Delegasi Amirul Hajj malam ini menggelar rapat dengan Bidang Bimbingan Ibadah dan para konsultan ibadah. Rapat yang dipimpin Menag Lukman Hakim Saifuddin menyepakati agenda visitasi ke jemaah.

“Kami telah membahas agenda amirul hajj untuk menyampaikan motivasi ke jemaah. Sudah disepakati bahwa mereka akan melakukan kunjungan ke sektor setiap hari dari jam 9 sampai 11 pagi,” terang Menag Lukman di Kantor Daker Makkah, Syisah, Kamis (1/8).

Visitasi konsultan akan dilakukan mulai Sabtu, 3 Agustus 2019. Delegasi Amirul Hajj akan didampingi konsultan dan petugas sektor.

“Intinya, Amirul Hajj akan memberikan motivasi jemaah agar tetap menjalankan haji sebaiknya dan memperoleh kemabruran. Aamiin,” ujarnya.

Menurut Menag, Amirul Hajj berasal dari daerah berbeda-beda. Mereka akan melakukan visitasi ke daerah sesuai zonasi jemaah. Pak Busyro dari Jogja misalnya, akan dipertemukan dengan jemaah dari Jogja dan Jateng. Namun, tidak menutup kemungkinan juga melakukan visitasi ke daerah lainnya.

“Amirul hajj akan lebih bicara hal makro, memotivasi jemaah dan meluaskan wawasan pengetahuan mereka terkait filosofi haji. Juga bicara tentang ciri kemabruran haji, baik kemabruran sosial, dan lainnya,” terang Menag.

“Harapannya, ketika jemaah kembali ke Tanah Air, mampu menebarkan kemaslahatan,” harapnya.

Delegasi Amirul Hajj tiba di Jeddah pada 30 Juli 2019 sore. Malam harinya, delegasi melanjutkan perjalanan ke Madinah untuk meninjau layanan haji di sana.

Delegasi baru tiba di Makkah, Kamis (1/8) dini hari. Setelah menunaikan umrah wajib, delegasi amirul hajj meninjau layanan hotel dan bus shalawat. Besok, Amirul Hajj dijadwalkan memimpin rapat koordinasi bersama PPIH Arab Saudi dan sorenya meninjau dapur katering.

Amirul Hajj dijadwalkan berada di Saudi hingga 18 Agustus mendatang. (put)