Papua

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan bahwa kondisi di Papua dan Papua Barat kini sudah kondusif. Berdasarkan laporan yang diterima, kini kehidupan sudah mulai berjalan normal. Menko Wiranto memastikan akan segera membuka akses internet.

“Hari ini kita sangat bersyukur, kita mendengar saudara-saudara kita di Papua dan Papua Barat sana sudah damai, sudah tenang, kehidupan mulai berjalan lagi, toko-toko sudah mulai buka. Kita bersyukur dan terima kasih kepada teman-teman di Papua dan Papua Barat bahwa tidak perlu berkelahi, tidak perlu anarki, bakar-bakaran, bakar makanan boleh, bakar batu boleh tetapi jangan bakar gedung,” ujar Menko Polhukam Wiranto dalam acara Yospan Papua di car free day di HI, Jakarta, Minggu (1/9/2019).

“Kita bersyukur atas inisiatif Pak Freddy Numberi dan kawan-kawan, Pak Kapolda, Pangdam. Kita semua mencoba menyiarkan, mengabarkan kepada semua masyarakat di seluruh Indonesia bahwa kita semua bersaudara, kita menyelesaikan masalah ini dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan semangat ini terus menyebar sehingga kita segera mendinginkan suasana, kembali kita bersatu padu sebagai bangsa,” sambungnya.

Menko Polhukam juga memastikan akan segera membuka akses internet. Selain itu, aparat juga akan ditarik jika suasana sudah kondusif.

“Pasti dibuka (internet). Kalau sudah damai untuk apa kita blokir medsos, untuk apa aparat keamanan ribut-ribut atau ramai ke sana. Tapi tunggu dulu (waktunya) karena ini baru mulai tenang,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Sementara itu, Ketua Panitia acara Yospan Papua, Frans Ansanay mengatakan sebagai masyarakat Papua yang memiliki keluarga gado yaitu Jawa, Sunda, Betawi dan sebagainya, ia merasa aman tidak ada masalah hidup di Jakarta. “Kami ingin mengajak masyarakat Jakarta menikmati Yospan. Yospan merupakan acara kebudayaan, sehingga adanya kebersamaan dan persatuan. Kami warga negara Indonesia yang siap membangun bersama-sama untuk kejayaan NKRI,” katanya.

Tokoh masyarakat Papua, Freddy Numberi mengatakan bahwa dengan acara ini membuktikan bahwa semua masyarakat bersatu, Indonesia tetap jaya.

“Kita rangkul bersama-sama menuju Indonesia baru, Indonesia yang utuh dan lebih sejahtera,” kata Freddy Numberi.

Dalam acara tersebut, Menko Polhukam menyanyikan lagu asli Papua yaitu Apuse dan Indonesia Pusaka. Hadir dalam acara tersebut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Purnomo, Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, dan Deputi Bidang Kominfotur Kemenko Polhukam Marsda TNI Rus Nurhadi Sutedjo. (rya)