Sirkuit Mandalika

Kastara.ID, Jakarta – Aspal lintasan utama Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah, NTB, sudah selesai seratus persen. Sirkuit sudah tersambung dengan sangat rapi dari Tikungan 1 hingga Tikungan 17.

Sementara fasilitas pendukung lainnya akan segera dituntaskan, dengan taget selesai pada akhir bulan ini (September).

Direktur Konstruksi dan Pengembangan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dwianto Eko Winaryo mengatakan, proses pengaspalan Sirkuit Mandalika sepanjang 4,310 kilometer sudah selesai 100 persen.

“Hingga saat ini progres keseluruhan sirkuit sudah mencapai 96,5 persen. Jadi pengaspalan main track itu sudah selesai di Mandalika, kita juga sudah menyambungkan antar main track,” papar Dwianto dalam Konferensi Pers Virtual Progres Sirkuit Mandalika yang dilansir Kompas.

Beberapa fasilitas penting sirkuit saat ini telah memasuki tahap finalisasi. Juga terdapat beberapa pengerjaan lain yang belum selesai seperti pemasangan pagar outer dan pagar inner sirkuit, pengerjaan service road dan run off, serta race control dan medical center.

Untuk semua ini, MGPA menargetkan konstruksinya akan rampung pada 30 September ini.

“Jadi tinggal sedikit lagi yang bisa kita selesaikan, Insya Allah 30 september itu adalah target kita. Untuk bisa menyelesaikan semuanya termasuk juga dengan pagar outer dan pagar inner,” jelas Dwianto.

Jika semuanya bisa selesai tepat waktu pada akhir bulan ini, maka balapan pertama akan terselenggara dengan mulus pada pertengahan November mendatang, yakni Grand Final Superbike musim 2022.

Sementara untuk MotoGP, percobaan pertama di lintasan telah dijadwalkan pada 11-13 Februari tahun depan.

Sirkuit Mandalika dijadwalkan akan menyelenggarakan World Superbike Championship atau WorldSBK 2021 pada bulan November mendatang, telah mendapat respon positif dari WorldSBK Executive Director Gregorio Lavilla. Dikutip worldsbk.com, Gregorio Lavilla optimis pengerjaan Sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu.

Hingga pertengahan Agustus 2021 progress pekerjaan keseluruhan di Sirkuit Mandalika, mencapai 93% dengan pekerjaan tunnel selatan, tunnel utara, pengaspalan track lane serta concrete barrier yang masing-masing sudah selesai 100%. Untuk bagian trek balap dan proteksi sudah selesai dibangun, Race Control, pusat medis, TV Compound dan heliport hampir selesai dibangun.

Sedangkan untuk hotel, sejumlah besar kamar yang tersedia untuk seluruh komunitas paddock sudah tersedia.

Direktur Eksekutif WorldSBK sudah optimis pengerjaan Sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu. (tra)