Kastara.id, Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata menggunting untaian melati pada pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (2/11). Dalam sambutannya Menteri Perindustrian mengatakan Indonesia Motorcycle Show yang mengusung tema “Teknologi untuk kehidupan lebih baik” mendukung program-program industri sepeda motor yang efisien dan rendah emisi gas buang.

Melalui IMoS 2016 ini konsumen maupun masyarakat dapat mengenal lebih jauh perkembangan terkini mengenai teknologi sepeda motor, baik dari dalam maupun luar negeri.

Menperin mendengarkan penjelasan dari Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata tentang salah satu teknologi yang diterapkan pada sepeda motor TVS Akula yang merupakan produk kolaborasi TVS dan BMW Motorrad yang dibekali mesin berkapasitas 313 cc satu silinder, serta mampu menghasilkan tenaga mencapai 34 dk dengan torsi 28 Nm, serta girboks manual enam percepatan ketika meninjau stan TVS.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga sempat memperhatikan sepeda motor listrik bebek retro Honda EV-CUB yang dipamerkan. Pada kesempatan itu Menteri Perindustrian meminta kepada para prinsipal untuk peningkatan kemampuan R&D dalam negeri agar industri sepeda motor nasional mampu mengembangkan produk yang sesuai dengan karakter budaya maupun bentuk geografis Indonesia.

Selain itu principal juga diharapkan bisa memberikan perhatian pada peningkatan kegiatan desain dan enjinering dalam negeri disertai dengan upaya-upaya untuk meningkatkan bobot kemampuan sumber daya manusia Indonesia. (dwi)