Joker

Kastara.ID, Jakarta – Polda Metro Jaya tengah menyelidiki laporan terhadap Dosen Universitas Indonesia Ade Armando perihal unggahan meme Gubernur Anies Baswedan dengan wajah Joker di akun Facebook miliknya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono membenarkan, adanya laporan terkait hal tersebut, Jumat (1/11). Saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan dengan melakukan pemanggilan kepada pihak terlapor yaitu Ade Armando untuk dimintai keterangan. “Saat penyelidikan itu dibutuhkan keterangan dari terlapor Ade Armando. Nanti panggil pelapor dan saksi-saksi,” kata Argo.

Diberitakan sebelumnya, salah satu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fahira Idris melaporkan Ade Armando terkait unggahan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun facebook miliknya, Jumat (1/11). Dalam unggahan tersebut, terlihat foto Anies Baswedan lengkap dengan pakaian dinas, diedit bagian wajahnya menyerupai Joker.

“Saya hari ini ke Polda Metro Jaya untuk melaporkan Saudara Ade Armando karena saya tadi pagi jam 11.00 WIB di kantor saya di DPD RI di Senayan saya sangat-sangat terkejut dan merasa tersinggung sebagai warga DKI Jakarta dan ternyata memang banyak sekali yang tersinggung,” kata Fahira di Polda Metro Jaya, Jakata, Jumat (1/11).

Selain itu, Fahira juga mengaku kaget dengan narasi pada foto tersebut, yang dinilai telah mencemarkan nama baik. Dalam meme tersebut tercantum caption “Gubernur Jahat Berawal dari Menteri yang Dipecat”.

Menanggapi hal ini, Ade Armando mengaku bahwa meme tersebut bukan ia yang mengedit. Namun ia secara sadar telah menyebarkannya sebagai bentuk ungkapan rasa kekecewaannya dengan kinerja Anies dalam mengelola pemerintahan DKI Jakarta. Meskipun begitu, ia mengaku bakal kooperatif mengikuti proses hukum di Polda Metro Jaya dan siap dipanggil polisi untuk dimintai keterangan. (rya)