Umrah

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 224 calon jemaah umrah asal Indonesia dari kloter pertama sudah mendarat di Arab Saudi, Ahad (1/10) sore waktu setempat. Sebelumnya, otoritas setempat menghentikan sementara layanan umrah akibat pandemi Covid-19.

Konsul Haji KJRI di Jeddah, Endang Jumali menyebutkan, mereka akan menjadi calon jemaah umrah perdana asal Indonesia. Menyusul keputusan Arab Saudi yang membuka kembali penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah dari luar negeri mulai 1 November 2020.

“Sore kemarin waktu Saudi tanggal 1 November, jemaah umrah Indonesia sudah mendarat sebanyak 224 orang,” ujar Endang kepada media, Senin (2/11).

Ia memastikan pemerintah Arab Saudi secara resmi telah mengizinkan jemaah asal Indonesia untuk bisa melaksanakan ibadah umrah. Keputusan itu keluar setelah Arab Saudi membuka kembali proses pendaftaran visa umrah Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, rombongan jemaah umrah asal Indonesia tersebut diterbangkan menggunakan pesawat Boeing 777-300 milik maskapai Saudia.

“Jemaah umrah asal Indonesia yang ikut di dalam penerbangan dengan pesawat wide body Boeing 777-300 ini berjumlah 253 orang jamaah,” ujar Awaluddin dalam keterangannya, Ahad (1/11) kemarin. (put)