Festival Perahu Naga Kota Depok

Kastara.id, Depok – Festival Perahu Naga 2018 yang berlangsung di Setu Rawa Besar, Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, secara resmi dibuka oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris, Minggu (2/12) pagi.

Festival Perahu Naga 2018 yang merupakan ajang tahunan yang keempat kalinya ini bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kota Depok. Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok yang menggagas festival ini berharap bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan wisata air di Kota Depok.

“Pelaksanaan Festival Perahu Naga ini merupakan kegiatan yang menarik pengunjung, termasuk masyarakat di sekitarnya. Peserta yang ikut serta dalam perlombaan ini mencapai 33 grup, ada yang berasal dari tingkat kota dan kabupaten, hingga tingkat nasional,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Festival Perahu Naga Kota Depok

Dikatakan Idris, saat ini Kota Depok memiliki 23 situ yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Depok. “Untuk menggarap potensinya, Pemerintah Kota Depok terus berupaya melakukan perbaikan dan pengembangan wisata air tersebut,” jelasnya.

“Pemerintah Kota Depok sudah menganggarkan tahun 2019 untuk perbaikan fisik setiap setu, seperti nantinya kita buatkan trek joging di pinggiran setu. Langkah tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kota Depok dalam menjaga dan melestarikan setu di Kota Depok,” ucapnya.

Idris menambahkan, komitmen tersebut dibangun, karena lokasi setu berada di tengah Kota Depok. Walaupun diakuinya bahwa aset setu tersebut beberapa di antaranya ada yang merupakan milik pusat.

“Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk mendukung langkah ini dengan menjaga kebersihan dan jangan buang sampah ke setu,” pungkasnya. (rud)