MotoGP

Kastara.ID, Jakarta – Kejuaraan balapn World Superbike dengan berani menambahkan Indonesia sebagai salah satu seri balap mereka dengan Sirkuit Mandalika di NTB.

WorldSBK bahkan memberikan tanggal, yakni 14 November 2021, dengan status STH (Subject to Homologation).

Kabar baik ini juga diserbarkan oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah. Gubernur yang akrab disapa Bang Zul itu tentu sangat senang dengan jadwal Superbike yang menempatkan Indonesia di salah satu seri akhir musim.

Ia rupanya juga optimis berlangsung tahun depan, bahkan dalam bulan yang berdekatan. Tapi, hal yang menarik dalam unggahannya di laman Facebook milik Bang Zul, juga disingsung soal MotoGP Mandalika.

“Mandalika Circuit rencananya bukan hanya utk MotoGP yang Insya Allah diselenggarakan 17 Oktober tapi event Motor Dunia uh yak kalah bergengsi juga November 2021 akan dilaksanakan di Mandalika…,” tulis Bang Zul di laman Facebooknya, Bang Zul Zulkieflimansyah https://web.facebook.com/zulkieflimansyah/posts/3999042466777392.

Artinya, balapan MotoGP Indonesia di Mandalika telah direncanakan berjalan pada 17 Oktober, dan dilanjutkan dengan balapan Superbike pada 14 November.

Meski sejauh ini MotoGP belum menentukan tanggal pasti untuk MotoGP, tapi melihat kalender sementara, 17 Oktober memang kosong, pekan sebelum tanggal tersebut adalah balapan MotoGP Thailand, dan pekan setelahnya adalah seri Grand Prix Australia.

Sebagaimana yang sudah diumumkan, MotoGP Indonesia dalam kalender sementara ditempatkan di posisi cadangan nomor terakhir, di bawah Portugal dan Rusia. Jadi, belum ada pengumuman resmi Indonesia akan menggelar balapan di 17 Oktober, karena sejauh ini Sirkuit Mandalika masih dalam proses pembangunan. (tra)