Bendera Tauhid

Kastara.ID, Jakarta – Peringatan HAB 73 mengangkat tema “Jaga Kebersamaan Umat”. Menag mengajak jajarannya untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan.

“Saya mengajak jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan,” tutur Menag Lukman Hakim Saifuddin saat menjadi inspektur upacara HAB 73 di kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (3/1).

Upacara diikuti jajaran pejabat struktural dan fungsional serta sejumlah kepala daerah yang menerima penghargaan Harmoni Award dari Menteri Agama. Mereka dinilai berkontribusi dalam merawat kerukunan di wilayahnya masing-masing.

Menag juga mengajak semua elemen bangsa, untuk menjaga kebersamaan, serta keutuhan sesama anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, agar dihindari.

“Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antarsesama anak negeri,” ajaknya.

Menag mengingatkan bahwa seluruh ASN Kementerian Agama harus menjadi perajut tenun kebangsaan yang bhinneka. ASN harus menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta.

“Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas,” pesannya. (put)