MotoGP 2021

Kastara.ID, Jakarta – Final Valencia pada November 2021 menjadi balapan terakhir legenda balap motor kelahiran Tavullia, Valentino Rossi di MotoGP. Setelah 26 musim berkarir di Grand Prix, Rossi kini mengucapkan selamat tinggal dan tidak lagi turun ke lintasan sebagai pembalap.

MotoGP musim 2022 akan menjadi tahun pertama tanpa The Doctor, ikon MotoGP selama ini.

Entah apa yang akan terjadi di dunia balap motor tanpa seorang Rossi yang menggerakkan banyak penggemar untuk mengikuti olahrga ini, pengaruhnya sangat besar dan tak ada pembalap lain yang sanggup sepertinya.

Selain itu, sosok dominator selama ini, Marc Marquez juga belum dapat dipastikan tampil di awal musim 2022. Pria Cervera itu sedang dirundung cedera beruntun, Humerus dan terakhir Diplopia.

Pemeriksaan terbaru menyebut Marquez tak butuh operasi untuk memperbaiki matanya, tapi tak ada tanggapan pasti sampai kapan pemulihannya terus berlanjut.

Setelah MotoGP 2022 sudah pasti tanpa Rossi, kini terancam tanpa Marquez juga, dua bintang terbesar yang sangat berpengaruh.

Apakah pembalap lain bisa mengisi kekosongan, menjadi ikon baru, atau setidaknya menjadi pusat perhatian untuk memulai sebuah era baru.

Bagaimana dengan pembalap Spanyol Joan Mir yang sempat menjadi juara dunia pada musim 2020 lalu.

Tapi sayangnya dia gagal mempertahankan gelar pada tahun 2021, konsistensinya kalah oleh peningkatan kecepatan para rival.

Lalu ada juara dunia baru Fabio Quartararo yang menguasai tiga perempat musim 2021, apakah dia akan menjadi pusat perhatian untuk era yang sekarang?

Merujuk performa paruh kedua musim 2021, nama pembalap Italia Francesco Bagnaia menhadi pembalap dengan pertumbuhan dan perkembangan paling pesat.

Dia memenangkan empat balapan dan lima podium dalam enam seri terakhir, belum lagi Ducati kini menjadi motor rebutan para pembalap. Apakah Bagnaia akan muncul sebagai jagoan baru pada 2022, layak dinanti.

Tapi jangan lupakan dua pembalap Ducati lainnya, Jorge Martin dan Enea Bastianini, yang pada musim debutnya sudah berhasil mencuri perhatian.

Selain itu, para pembalap pendatang baru juga pasti akan memberikan warna baru dalam persaingan MotoGP tahun ini.

Aksi pertama musim 2022 akan berlangsung di Sepang dan Mandalika untuk sesi tes Pra-musim. Selanjutnya balapan pembuka akan berlangsung pada awal Maret seperti biasa di Sirkuit Losail, Qatar, yang akan digelar di malam hari. (tra)