Categories: Headline

Dahlan Iskan Jadi Tersangka (Lagi): Kasus Mobtrik

Oleh: Muhammad AS Hikam

Mantan Menteri BUMN era Presiden SBY, Dahlan Iskan, kembali menjadi tersangka tindak pidana korupsi. Kali ini bos Jawa Pos Group itu tersandung kasus mobil listrik (mobtrik), yang juga sebelumnya telah melibatkan Direktur PT Sarimas Ahmadi Pratama Dasep Ahmadi yang dijatuhi hukuman penjara tujuh tahun tetapi ditambah lagi oleh MA menjadi Sembilan tahun penjara.

Jika Dasep Ahmadi didakwa melakukan rekayasa teknis mobtrik dan tidak melalui tender resmi, sehingga negara dirugikan lebih dari Rp 17 miliar, maka Dahlan Iskan dijadikan tersangka karena posisi beliau sebagai Menteri BUMN yang juga terkait dengan mobtrik tersebut. Pihak Kejaksaan Agung masih belum memastikan pasal-pasal apa yang dikenakan terhadap DI, karena masih dalam proses penyidikan. Yang sudah dipastikan, menurut keterangan Kapuspenkum Kejagung RI, M. Rum, yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka sejak 26 Januari 2017.

Dengan demikian mantan Dirut PLN yang juga salah seorang wirausahawan pribumi paling kondang di Indonesia itu kini mempunyai dua status tersangka. Yang pertama, kasus yang kini sedang diproses di Pengadilan Jatim, terkait dugaan korupsi pelepasan aset PT Panca Wira Usaha (PWU), dan yang kedua kasus yang terkait mobtrik ini. Yang disebut terakhir ini tentu saja masih belum sampai ke Pengadilan, tetapi sudah sampai pada status tersangka.

Dibanding dengan berbagai ontran-ontran kasus tipikor yang sedang marak di Jakarta, semisal kasus mantan Ketua DPD RI Irman Gusman dan kasus mantan Hakim MK Patrialis Akbar, maka proses persidangan Dahlan Iskan di Surabaya tidak terlalu banyak diekspose media. Padahal para tokoh nasional yang memberikan dukungan moral kepada mantan Menteri BUMN juga tidak sedikit, seperti misalnya mantan Ketua MK Mahfud MD, mantan Ketua KPK Abraham Samad, dan cendekiawan dan ekonom terkemuka, Faisal Basri, untuk menyebut beberapa nama. Apakah dengan karena lokasinya di Surabaya yang membuat demikian, mungkin saja.

Yang menarik dari kasus tipikor yang melibatkan Dahlan Iskan ini adalah pihak yang menangani bukan KPK, tetapi Kejaksaan, baik kasus pertama maupun kedua. Akankah pihak Kejaksaan mampu membuktikan kesalahan Dahlan Iskan di Pengadilan, akan sangat penting. Karena dalam kasus mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti, Kejaksaan tidak berhasil. Sebuah pertaruhan marwah lembaga dan juga pelaksanaan amanat reformasi yang sangat penting bagi bangsa dan negara kita. Kita lihat saja bagaimana dinamika kedua kasus tipikor yang dihadapi oleh Dahlan Iskan ini. (*)

 

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…