Categories: Headline

Parlemen Iran dan Indonesia Sepakat Bantu Palestina

Kastara.id, Jakarta – Parlemen Iran yang dipimpin oleh Nourian meminta Pemerintah Republik Indonesia melalui Dewan Perwakilan Daerah RI untuk berperan lebih aktif dalam mendukung Negara Palestina bebas dari penjajahan zionis Israel. Hal ini terungkap saat kunjungan Parlemen Iran yang diterima langsung oleh Ketua DPD RI Mohammad Saleh, di Kompleks Parlemen Nusantara III lantai 8, Senayan, Jakarta (2/2).

Turut hadir dalam pertemuan ini yaitu Bahar Ngitung (Ketua Badan Kerjasama Parlemen DPD RI/Anggota DPD RI dari Sulawesi Selatan), Haripinto Tanuwidjaja (Wakil Ketua Badan Kerjasama Parlemen DPD RI/Anggota DPD RI dari Kepulauan Riau), Nono Sampono (Anggota DPD RI dari Maluku), Gusti Kanjeng Ratu Ayu (Anggota DPD RI dari Jawa Tengah), Sekretaris Jenderal DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto.

Menurut Nourian, negaranya memiliki prioritas untuk memperluas kerjasama dengan negara-negara muslim. Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia mendapat tempat khusus bagi Republik Islam Iran. Ia berharap Indonesia dapat membantu Iran untuk ikut serta dalam menyelesaikan masalah regional dan internasional, khususnya isu Palestina.

Nourian mengatakan, dunia islam telah mengalami ‘tumor’ yag parah yaitu zionis, karenanya Parlemen Republik Islam Iran akan mengadakan putaran enam atas dukungan Palestina yang akan berlangsung 7 Februari 2017. “Kami terima kasih atas peran indonesia yang begitu adil dalam pentas internasional. Kami percaya jika umat Islam dan negara Islam menyatukan pendapat maka persoalan ini bisa selesai. Kami sangat berharap peran yang dimiliki indonesia akan mendorong dan mendukung masyarakat Palestina,” katanya.

Sementara Mohammad Saleh mengungkapkan bahwa DPD RI mendukung gerakan Iran dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. “Dan saya kira Iran dan Indonesia harus mengambil peran penting dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di Palestina, karena ini bagian muslim di dunia. Sebagai wujud itu beberapa waktu yang lalu diadakan pertemuan anggota-anggota parlemen dari negara-negara Islam di Al Quds di Istanbul, Turki. Dari kami yang hadir adalah Farouk Muhammad (Wakil Ketua DPD RI),” ujar Saleh.

Saleh menambahkan, DPD RI juga berkomitmen akan meningkatkan hubungan baik antar dua negara dan menindaklanjuti kerja sama yang telah dijalin Presiden Joko Widodo ketika berkunjung ke Iran beberapa bulan yang lalu.

Selain itu, Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad berterima kasih atas investasi Iran di Indonesia salah satunya di Jawa Timur. “Kami harap perdagangan dari Iran terus ditingkatkan karena beberapa waktu lalu sempat mengalami penurunan,” kata senator dari Provinsi Nusa Tenggara Barat ini. (dwi)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…