Parasite

Kastara.ID, Jakarta – Sutradara Bong Joon-ho menambah lagi koleksi piala penghargaan atas film Parasite melalui sejumlah ajang penghargaan internasional, misalnya British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) Film Awards menjelang penyelenggaraan Oscar 2020.

Dalam BAFTA Film Awards, Parasite membuat Bong Joon-ho bersama aktor Song Kang-ho membawa pulang dua trofi kemenangan, Best Film Not in the English Language dan Best Original Screenplay.

Bong Joon-ho berterima kasih kepada BAFTA karena memberikan banyak cinta kepada Parasite. Ia mengaku tak pernah satu kali pun berpikir bisa menerima piala kemenangan BAFTA. “Saya banyak menghabiskan waktu untuk menulis di cafe-cafe. Saya tak pernah membayangkan berdiri di Royal Albert Hall,” kata Sutradara Bong Joon-ho.

Diketahui, Parasite berhasil mengalahkan sejumlah film Hollywood untuk kategori Best Original Screenplay seperti Knives Out, Marriage Story, dan Once Upon a Time in Hollywood.

Bong Joon-ho juga berterima kasih kepada para aktor dan aktris yang berhasil menghidupkan naskah dan adegan yang ditulis. “Saya meyakini bahasa tubuh dan ekspresi mereka benar-benar bahasa yang universal,” ucapnya.

Untuk diketahui, Parasite merupakan film Korea kedua yang berhasil membawa pulang piala Best Film Not in the English Language dalam BAFTA sepanjang sejarah. Piala itu pertama kali dibawa pulang Korea lewat film The Handmaiden karya Sutradara Park Chan-wook pada 2018.

Sutradara Bong Joon-ho juga memenangkan International Film Festival Rotterdam (IFFR) Audience Award yang juga dikenal dengan Bank Giro Loterij Audience Award.

Sebagai informasi, dalam Oscar 2020, Parasite masuk enam nominasi yakni Best International Feature Film, Best Director, Best Original Screenplay, Best Picture, Best Film Editing, serta Best Production Design. (put)