Jokowi

Kastara.ID, Jakarta – Ada kejadian unik terjadi saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (2/3). Saat mengikuti acara jalan santai dengan rute memutari Tugu Persatuan di kawasan MTQ Kota Kendari, Jokowi berkesempatan memberikan aba-aba dimulainya acara tersebut.

Saat itulah Calon Presiden nomor urut 01 ini tidak menyebut angka dua. Sehingga aba-aba Jokowi terdengar berbunyi “lima, empat, tiga, satu.”

Usai jalan sehat, Jokowi melanjutkan agenda ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di Kecamatan Sodoha, Kendari Barat. Di sini Jokowi memberikan bantuan kepada 700 pemilik usaha mikro di wilayah tersebut.

Terlihat mendampingi Jokowi pada acara tersebut ibu negara Iriana Jokowi, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Moeldoko, dan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Maza.

Kejadian unik ini pun mengundang komentar berbagai pihak. Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM) Bin Firman Tresnadi mengatakan, jika hal itu dilakukan dengan sengaja, maka Jokowi telah bertindak kekanak-kanakan. Sikap semacam ini menurut Firman tidak pantas dilakukan seorang presiden yang memimpin 250 juta lebih rakyatnya.

Selain itu sikap tersebut menunjukkan Jokowi tidak bisa menjadi seorang tokoh pemersatu bagi bangsa ini. Padahal sekarang ini bangsa Indonesia sedang membutuhkan seorang figur pemersatu, terutama di tahun politik menjelang pemilu.

Sementara itu juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade menilai tindakan itu menunjukkan Jokowi mulai panik. Andre menyebut Jokowi takut kalah hingga terkesan alergi dengan angka dua.

Sikap Jokowi menghindari angka dua tersebut ternyata bukan kali ini saja dilakukan. Saat memberikan ucapan selamat kepada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri perayaan ulang tahun ke-72, Jokowi juga tak menyebut angka dua.

“Saya sampaikan (selamat) ulang tahun yang ke-71 ditambah 1 dan semoga Allah selalu memberikan kesehatan kepada beliau, memberikan kebahagian kepada Ibu Megawati Soekarnoputri,” kata Jokowi di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta (23/1/2019). (rya)