Kastara.id, Karachi – Untuk menjalankan strategi masuk ke pasar otomotif negara yang sedang berkembang di dunia, Nissan Motor Co., Ltd. memberikan lisensi dan menandatangani perjanjian manufaktur dengan Ghandhara Nissan Ltd. Salah satu isi perjanjian tersebut untuk memproduksi Datsun di Pakistan.

Penandatanganan perjanjian yang dilakukan di Karachi, Pakistan pekan lalu (28/3), mencakup bidang distribusi yang memberikan akses penetrasi Nissan di pasar Pakistan. Permintaan akan kendaraan baru di Pakistan terus bertumbuh dan mencapai lebih dari 200 ribu unit per tahun.

Dengan investasi sebesar 4,5 miliar rupee Pakistan dalam 4 tahun akan membuka lebih dari 1.800 lapangan kerja, sekaligus membawa merek dan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penjualan pertama kendaraan Datsun produksi lokal diharapkan mulai dilakukan di Pakistan pada tahun fiskal 2019.

“Memasuki pasar Pakistan merupakan langkah penting dalam pengembangan infrastruktur manufaktur lokal dan kegiatan perekonomian setempat. Kami percaya bahwa dengan adanya kerja sama yang erat serta dukungan dari pemerintah Pakistan, langkah ini akan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi perekonomian lokal, pelanggan, mitra, dan Nissan.” kata Peyman Kargar, Nissan Senior Vice President dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Senin (2/4).

Dengan memasuki pasar Pakistan, Nissan akan memberikan ragam pilihan model baru yang diproduksi dengan teknologi otomotif modern dari Jepang. Langkah Nissan ini juga akan membantu meningkatkan industri otomotif secara signifikan, yang berkontribusi sekitar 4% terhadap Produk Domestik Bruto Pakistan.

Nissan dan Ghandhara akan bekerja sama mengembangkan fasilitas Ghandhara di Port Qasim, Karachi, sehingga menjadi pabrik manufaktur berkelas dunia. Kemitraan ini akan terjalin dan memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman lokal. Proyek tersebut telah memenuhi syarat untuk masuk dalam status kategori ‘brownfield’ dalam Kebijakan Pembangunan Otomotif Pemerintah Pakistan.

“Perjanjian ini akan membawa fasilitas berkelas dunia dan teknologi manufaktur terbaik dari Jepang, Melalui produksi suku cadang dan komponen di Pakistan serta meningkatkan pengembangan industri pemasok komoditi otomotif, Nissan akan memberi Pakistan bantuan teknis dan mendukung kemitraan dengan Jepang,” kata Ahmed Kuli Khan Khattak, CEO Gandhara.

Pelanggan di Pakistan akan mendapatkan keuntungan dari banyaknya pilihan dan kenyamanan pengalaman berkendara. Apalagi dengan hadirnya kendaraan berfitur modern yang sesuai dengan kebutuhan di negara ini. (*)

Reporter: Koes Biantoro-Kastara.ID
Editor: Dwi