COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Jakarta Timur, hari ini menerima bantuan berupa alat pelindung diri (APD), alat kesehatan dan obat-obatan dari Badan Intelejen Negara (BIN). Serah terima bantuan dilakukan di Posko Bantuan COVID-19 di lobi Gedung Griya Puspa RSUP Persahabatan.

Bantuan secara simbolis diserahkan dr Indiani, perwakilan BIN yang diterima Dirut RSUP Persahabatan Rita Rogayah. Bantuan antara lain berupa masker N95, baju hazmat, ventilator, dan lainnya.

Dikatakan Indiani, bantuan diberikan karena kondisi RSUP Persahabatan saat ini tengah membutuhkan perlengkapan APD. Diharapkan bantuan bisa bermanfaat bagi pihak rumah sakit.

“Ada delapan item bantuan yang kita berikan ke RSUP Persahabatan. Ini untuk memenuhi kebutuhan yang ada di rumah sakit,” ujar Indiani (2/4).

Adapun bantuan yang diberikannya yakni Catridge & Collection Kit (2.000 pcs), PCR Biomolekuler (2 pcs), Ventilator (5 pcs), Digital Rontgen (2 pcs), Alat Pelindung Diri/APD (500 pcs), Masker N95 (300 boks), Sarung Tangan Kesehatan (500 boks), Dacron SWAB (10.000 pcs), serta Cloroquine (10.000 pcs).

Dirut RSUP Persahabatan Rita Rogayah mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi pada BIN yang telah memberikan bantuan tersebut. Karena saat ini kami tengah membutuhkan APD. Setiap hari ada sekitar 900-1.000 APD yang digunakan.

“Pasien setiap hari terus bertambah dan tentunya kami juga membutuhkan APD yang banyak,” katanya.

Ditambahkan Rita, semula pihaknya hanya memiliki 24 tempat tidur bagi pasien COVID-19. Kemudian dilakukan perluasan ruang isolasi sehingga daya tampungnya kini menjadi 60 tempat tidur. Bahkan dalam waktu dekat akan ada penambahan ruangan lagi sehingga bisa merawat 100 pasien COVID-19.

“Saat ini jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di RSUP Persahabatan sebanyak 50 pasien,” tandasnya. (hop)