Tim PDKB PLN Disjabar

Kastara.id, Depok – PLN Distribusi Jawa Barat menyelenggarakan Bakti PDKB-TM DJB 2018 yang ditandai dengan upacara pelepasan yang dipimpin langsung oleh General Manager PLN Disjabar Iwan Purwana dan disaksikan langsung oleh Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Kamis (3/5).

Kegiatan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) ini bertujuan untuk meningkatkan konsolidasi dan kinerja 168 personil dari 18 Tim PDKB yang telah bersiaga di 15 Area Wilayah Jawa Barat sekaligus dalam rangka meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Usai pelepasan, dilanjutkan dengan kegiatan inti Bakti PDKB-TM berupa pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan bersama di sejumlah titik yang telah ditentukan. Potensi kWh yang terselamatkan dalam kegiatan ini mencapai 336.986,58 kWh atau setara dengan pendapatan senilai Rp 395.285.258,-.

“Seiring dengan ekspektasi pelanggan yang semakin tinggi dan sesuai dengan semangat efisensi, maka peranan PDKB dapat menjadi salah satu strategi untuk mengoptimalkan kontinuitas dan kecepatan pelayanan agar pelanggan tidak mengalami pemadaman saat pemeliharaan,” ungkap General Manager PLN Disjabar Iwan Purwana.

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna memberikan apresiasi Tim PDKB dari PLN tersebut. “Kami dari pemerintah kota Depok sangat berterima kasih kepada PLN telah menerjunkan tim khususnya untuk melakukan pemeliharaan jaringan listrik di Kota Depok. Kami berharap bisa selalu menjadi tim dengan PLN dalam membangun Kota Depok,” ujarnya.

Selama tahun 2017, jumlah kWh yang terselamatkan oleh tim PDKB-TM PLN Disjabar 46.850.663,20 kWh atau setara dengan nilai pendapatan Rp 48,5 Milyar. Sedangkan di tahun 2018 ini hingga bulan April, jumlah kWh yang diselamatkan mencapai 12.623.770 kWh dan setara Rp 13.622.909.739,-. Ditargetkan Tim PDKB-TM PLN DJB Tahun 2018 dapat menyelamatkan 31.759.512 kWh.

“Memang menjadi personil PDKB itu tidak mudah. Kita tetap memegang komitmen untuk Zero Accident (tidak boleh ada kecelakaan kerja), patuh pada SOP, teamwork, dan profesionalisme. Kemudian adanya Bakti PDKB-TM ini untuk terus memperkuat komitmen itu,” pungkas Iwan.

Sejak tahun 2016, PLN Distribusi Jawa Barat baru memiliki satu regu Tim PDKB-TM Sentuh Langsung yang berada di area Bandung. Pada kegiatan Bakti PDKB-TM tahun 2018, dijadikan momentum untuk meresmikan penambahan dua tim PDKB-TM Sentuh Langsung di dua area yaitu area Bogor dan area Bekasi.

Tim PDKB-TM Sentuh Langsung merupakan tim yang dapat memperbaiki jaringan SUTM dengan cara menyentuh langsung jaringan tersebut, menggunakan sarana pendukung antara lain kendaraan crane yang berisolasi tahan 24.000 Volt untuk membawa petugas ke posisi mendekati jaringan, boom isolasi yang tahan tegangan 130 kV; dan bucket isolasi yang tahan tegangan 40 kV.

Para personil yang terlibat dalam pekerjaan ini harus menggunakan sleeve (pelindung/isolasi lengan) yang tahan 40 kV, sarung tangan isolasi yang tahan 30 kV, dan sepatu boot isolasi yang tahan 30 kV. Kelebihan dari Tim PDKB-TM Sentuh Langsung adalah dapat bekerja tiga kali lebih cepat daripada Tim PDKB-TM dengan metode berjarak (menggunakan tongkat khusus dan tidak menyentuh langsung jaringan). (*)

Tim PDKB PLN Disjabar
Wali Kota Depok Pradi Supriatna dan General Manager PLN Disjabar Iwan Purwana secara simbolis membuka giat Tim PDKB PLN di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok (3/5). (Foto: Rudi Irwanto)
Reporter/Foto: Rudi Irwanto-Kastara.ID
Editor: Dwi