Toyota All New RushToyota All New Rush TRD Sportivo di IIMS 2018. (Toyota)

Kastara.id, Jakarta – Selama 10 hari Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berakhir 29 April 2018 lalu, Toyota berhasil membukukan prestasi dengan mencatat 3.328 surat pemesanan kendaraan (SPK).

“Kami bersyukur, minat masyarakat untuk memiliki mobil Toyota tetap tinggi. Hal itu terlihat dari total SPK yang tercatat selama penyelenggaraan pameran. Terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam keterangan resminya (2/5).

Di ajang IIMS 2018, Toyota membawa 13 unit mobil andalannya. Mulai dari mobil terbaru Toyota All New CH-R, All New rush, All New Fortuner TRD Sportivo, New Yaris, All New Vios, New Vellfire, New Voxy, Calya, Sienta, dan Innova Venturer. Seluruh line up Toyota ini selalu ramai dilihat oleh para pengunjung IIMS 2018.

Dari 13 unit product display yang ditampilkan Toyota selama pameran, kontribusi terbesar masih berasal dari segmen low MPV, yaitu Toyota Avanza. Selama IIMS 2018, total SPK untuk Avanza sebanyak 766 unit atau berkontribusi sebanyak 23,02% dari total pencapaian Toyota di pameran ini.

Kontribusi terbesar kedua berasal dari All New Rush dengan catatan SPK sebanyak 759 unit atau sekitar 22,81% dari total SPK Toyota. Selama 10 hari IIMS 2018 All New Rush memang cukup banyak menarik perhatian para pengunjung yang datang ke booth Toyota.

Kemudian kontribusi besar lainnya berasal dari Kijang Innova (405 SPK), Calya (389 SPK), dan New Yaris (152 SPK). Sementara itu, All New C-HR pun juga turut berkontribusi dengan membukukan 91 SPK.

Khusus All New Rush yang hadir dengan desain baru yang lebih futuristik dan kaya fitur keselamatan, berhasil mendapatkan antusiasme dari pengunjung pameran.

“Dibanding IIMS tahun lalu, angka penjualan All New Rush mengalami pertumbuhan sangat signifikan, naik tiga kali lipatnya. Pada IIMS 2017, penjualan Rush tercatat sebanyak 251 unit, sedangkan di IIMS 2018 mencapai lebih dari 750 unit,” ungkap Henry.

Selain di IIMS, All New Rush juga berhasil mendapatkan respon baik dari pelanggan sejak dipasarkan secara resmi pada awal Januari lalu. Sepanjang Januari—Maret 2018, kinerja penjualan mobil ini mampu mencapai total 12.018 unit secara wholesale sehingga berhasil meraih pangsa pasar 44,5%.

“Kami berharap hasil positif ini akan mendukung peningkatan penjualan Toyota di tahun 2018 sekaligus mempertahankan posisi sebagai market leader, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam menggerakkan pertumbuhan industri dan pasar otomotif nasional,” pungkas Henry. (dwi)