Hotel Atlet Kemayoran

Kastara.ID, Jakarta – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana melelang 10 proyek tol pada Juni dan Juli 2020 ini. Salah satunya proyek yang dilelang adalah ruas Tol Kulon Progo-Jogja sepanjang 76 kilometer.

“Ini proses lelangnya sudah mulai dan tanggal 4 Juni nanti akan proses pemasukan penawarannya, mudah-mudahan sekitar September-Oktober 2020 sudah bisa mulai konstruksinya,” kata Basuki (2/6).

Selain itu ada juga proyek Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas, jalan Akses Patimban, Bogor-Serpong via Parung, Sentul Selatan-Karawang Barat, Semarang Harbour, Semanan-Balaraja, Tol Layang Cikunir-Karawaci, dan Tol Layang Cikunir-Ulujami. Proses lelang dari sembilan proyek tol itu telah disiapkan dan segera memasuki prakualifikasi lelang pada Juni-Juli 2020 ini.

Selain proyek jalan tol, Basuki juga mengatakan Kementerian PUPR juga berencana melelang proyek sistem transaksi tol non-tunai berbasis multi-lane free flow (MLFF) di sektor jalan tol.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan empat ruas tol siap beroperasi pada akhir Juni 2020 dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Keempat tol yang akan dioperasikan tersebut merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Ruas tol tersebut adalah Banda Aceh-Sigli seksi 4 sepanjang 14 kilometer, Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, Manado-Kauditan 21 km sebagai bagian dari tol Manado-Bitung, serta ruas tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi 1 dan 5 sepanjang 33 km. (ant)