MotoGP 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Roma – Sudah tiga seri balap yang dibatalkan dalam beberapa pekan ini, dari MotoGP Inggris, Australia, dan yang terbaru MotoGP Jepang. Tahun ini sudah semakin banyak balapan yang telah dibatalkan, sementara sisanya masih belum pasti karena menundaan.

Loris Capirossi yang menjabat Race Direction di Dorna Sport menegaskan bahwa MotoGP tetap akan dimulai pada pertengahan Juli mendatang, kendati sekarang sudah ada banyak balapan yang dibatalkan.

Seri pembuka yang direncanakan berlangsung 19 Juli di Jerez benar-benar dapat membuat awal yang baru. Pihak Dorna Sport dan pemerintah daerah Andalusia telah mengajukan proposal yang relevan pada awal Mei, dan tinggal menunggu lampu hijau saja dari otoritas kesehatan pemerintah pusat Spanyol.

“Saya katakan bahwa pada 19 Juli kita akan melihat motor di lintasan di Jerez,” papar Capirosi dengan sangat yakin seperti dilansir Sky Sport.

“Banyak hal membaik. Saya telah melihat bahwa olahraga perlahan mulai bergulir lagi. Perjanjian dengan Spanyol sudah ada. Balapan sudah ada di jadwal,” imbuhnya.

Perkembangan terbaru di Spanyol sendiri diumumkan oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez yang mengatakan bahwa keadaan darurat harus diperpanjang untuk terakhir kalinya hingga 21 Juni.

Perbatasan akan dibuka untuk wisatawan mulai 1 Juli, tapi untuk alasan kerja dapat mulai dilakukan pada 21 Juni tanpa karantina 14 hari lebih dulu.

Tapi tentu saja kondisi bisa berubah dari hari ke hari, dan akan sangat mempengaruhi jadwal. “Jika terus berkembang seperti sekarang, kita akan 100 persen di sana (Jerez),” imbuh pria 47 tahun itu.

Meski dalam melangsungkan balapan, tapi harus tanpa menonton di sirkuit dan ada pembatasan jumlah kru yang boleh bekerja. (tra)