Headline

Kolaborasi Dinas PPAPP Bantu Penjualan Produk UMKM

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) bersama Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta berkolaborasi dengan BKKBN dan Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok UPPKA (BPP-AKU) mengadakan kegiatan Live Selling untuk mendukung penjualan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan atau Jakpreneur (2/6).

Kegiatan yang dilaksanakan secara live menggunakan Zoom meeting dan streaming di Youtube Channel Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, Facebook, dan Youtube akutuku ini diikuti 15 pelaku usaha yang tergabung dalam kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) terintegrasi dengan Jakpreneur.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya promosi dan meningkatkan perekonomian atau pendapatan serta mendorong transaksi digital kelompok UMKM binaan.

“Produk yang dijual cukup bervariatif mulai dari kuliner, fesyen, dan kriya,” ujarnya (2/6).

Tuty menjelaskan, kegiatan kolaborasi ini merupakan upaya promosi yang transaksinya dilakukan secara digital dan ke depan akan terus ditingkatkan.

“Aktivitas-aktivitas di era pandemi ini akan kita dorong terus diselenggarakan secara daring atau transaksi digital,” terangnya.

Sementara Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK DKI Jakarta, Ellisa Sumarlin menuturkan, pandemi membatasi rutinitas warga berbelanja ke luar rumah, tidak ke pasar atau pusat perbelanjaan.

“Anjuran physical distancing membuat orang-orang memilih tetap di rumah dan membatasi kegiatan di luar rumah, termasuk berbelanja,” terangnya.

Ia menambahkan, pandemi ini juga justru mendorong pelaku ekonomi untuk menggunakan cara lain dalam memasarkan produknya dengan menambah jenis saluran penjualan dan pemasaran. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuka peluang untuk berdagang secara daring maupun mengombinasikan antara pemasaran daring dan luring.

“Teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk. Bisa melalui media sosial atau marketplace. UMKM yang memanfaatkan internet pun terbukti lebih mampu menahan tekanan krisis,” ucapnya.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 (Gernas BBI 2021) bertema “Produk UMKM Indonesia Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri” sebagai bentuk nyata dukungan terhadap produk dalam negeri, UMKM dan ekonomi nasional.

Gerakan ini membantu UMKM yang saat ini kegiatan usahanya banyak terganggu, mengalami penurunan omzet dan pendapatan.

“Melalui gerakan ini dan kegiatan Live Selling ini diharapkan masyarakat membeli produk buatan Indonesia, dengan begitu diharapkan omset atau penjualan UMKM akan semakin meningkat,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…