Strategi KPU

Kastara.id, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengatakan  pemilu yang kredibel dihasilkan oleh penyelenggara yang berkualitas.

“Ini harus ditekankan agar persoalan dapat diselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan rakor ini bermanfaat dan membuat pemilu dan demokrasi di Indonesia menjadi lebih baik,” ujar Arief usai Rapat Koordinasi Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu melalui keterangannya, Kamis (3/8).

Sedangkan anggota KPU Ilham Saputra mengharapkan seluruh tahapan pemilu berjalan sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. “Jangan ada pelanggaran dan pemihakan kepada pasangan calon,” katanya.

Ilham mengungkapkan, dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara, penyelenggara wajib menghindari potensi penyimpangan.

“Dalam tahapan pencalonan juga, penyelenggara harus paham benar yang dimaksud dengan syarat pencalonan dan syarat calon. Proses pencalonan terutama saat melakukan verifikasi juga harus dilaksanakan sesuai ketentuan, dan jadwal yang sudah ditetapkan,” katanya. (npm)