Reawan Kesehatan Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang sedang menyiapkan regulasi tentang isolasi bagi pasien COVID-19.

Menurut Ketua Nasional Rekan Indonesia Agung Nugroho, rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan yang akan menempatkan pasien positif COVID 19 gejala ringan di Wisma Atlet dan pasien berat di rumah sakit merupakan langkah tepat memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Warga positif COVID 19 gejala ringan di Jakarta akan diisolasi di Wisma Atlet. Sedangkan pasien gejala berat dirawat di rumah sakit. Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah tepat guna memutus mata rantai penyebaran virus,” ujar Agung Nugroho (2/9).

Ia mengungkapkan, pasien positif COVID tanpa gejala dan ringan yang selama ini menjalani isolasi mandiri di kediaman atau rumah masing-masing dikhawatirkan menularkan virus kepada anggota keluarga lainnya.

Ia juga meminta aparatur kelurahan lebih menggencarkan lagi sosialisasi kepada warga untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Kami optimis kesadaran warga Ibukota terus meningkat, sehingga upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran berjalan optimal,” tandasnya. (hop)