Andri Yansyah

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menyambut baik program Internet Untuk Semua (JakWIFI) yang menyediakan wifi gratis di ribuan titik di wilayah Jakarta dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pelaksanan Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, kehadiran JakWIFI ini bertujuan memperluas akses internet untuk kebutuhan masyarakat yang melingkupi banyak sektor, salah satunya yaitu ekonomi/usaha.

Menurut Andri, penyediaan wifi gratis ini dapat membantu UMKM binaan atau Jakpreneur yang ada di lokbin, loksem, Pujasera dalam mempromosikan dan memasarkan produknya secara online dan masif.

“Kita harus memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk baik itu melalui medsos, startup yang sudah bekerjasama, marketplace lainnya. Otomatis dengan adanya JakWIFI ini memberi kemudahan pada pelaku usaha mikro, khususnya Jakpreneur memasarkan produknya melalui online,” ungkap Andri (2/9).

Andri menjelaskan, melalui pemasaran online, produk Jakpreneur dapat diketahui oleh masyarakat luas sehingga penghasilan meningkat. Apalagi dalam mengakses internet tersebut gratis.

“Sehingga nanti pendapatan bertambah dan meningkatkan kesejahteraan warga atau dirinya. Saya sangat menyambut baik sekali karena ini membantu pelaku usaha mikro untuk memasarkan produknya tanpa harus bertatap muka dengan konsumen,” kata Andri.

Untuk diketahui, saat ini tersedia 4.956 titik akses yang sedang ditingkatkan kapasitasnya secara bertahap. Perluasan penyediaan akses internet ini ditargetkan lebih dari 9.000 titik akses selama dua bulan ke depan.

Perluasan penyediaan akses internet tersebut melalui tiga skema, yaitu melalui layanan Pemprov DKI Jakarta di gedung pemerintahan, taman, RPTRA, sekolah-sekolah negeri, dan daerah-daerah yang tidak terjangkau atau tidak diminati penyedia layanan internet gratis.

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi melalui pemanfaatan bersama titik akses dengan penyedia jasa telekomunikasi, dan penyediaan titik akses melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Untuk informasi lokasi titik akses beserta perluasannya dapat dicek oleh publik menggunakan aplikasi JAKI (Jakarta Kini). (hop)