Wamena

Kastara.ID, Jakarta – Sejumlah 134 orang perantau Minang akhirnya meninggalkan Wamena dan kembali ke kampung halaman di Sumatera Barat.

Diketahui perantau ini kembali ke Sumbar menggunakan jalur udara dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Kamis (3/10) malam.

Kerusuhan Wamena yang memakan korban tewas 32 orang meninggalkan luka dan trauma sehingga banyak yang kemudian mengungsi dan memilih kembali ke daerah asal.

Kepala Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Sumbar Zeng Wellf di Padang menjelaskan, sore ini perantau akan diberan.gkatkan dari Wamena dan diperkirakan sampai di BIM malam ini pukul 22.00 WIB.

Di BIM, pihak ACT Sumbar sudah menyiapkan bus untuk mengantar warga Pesisir Selatan itu sampai kembali ke kampung halamannya di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sementara Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) tengah memproses kepulangan sekitar 50 orang warganya yang berada di Wamena. Proses pemulangan dilakukan terkait evakuasi akibat belum amannya kondisi Wamena pascakerusuhan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan agar pihak Pemprov Jabar yang menghubungi pemda setempat di Wamena secara formal.

Ridwan Kamil juga menyebut secara total, ada ratusan warga asal Jabar yang tinggal di Wamena, sementara mereka yang meminta pulang saat ini mayoritas ibu-ibu dan anak-anak. (rya/yan)