Kastara.id, Jakarta – Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI Mohammad Anshor memimpin Delegasi RI di Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-IV RI-Hongaria di Jakarta (3/11). Delegasi Hongaria dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Hongaria dan Perdagangan, Y.M. Dr. László Szabó. SKB sebelumnya dilaksanakan pada Juni 2011 di Budapest, Hongaria. Waktu penyelenggaraan SKB ke-IV tersebut juga bertempatan dengan perayaan ke-60 Hari Nasional Hongaria.

SKB ke-IV merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan Perdana Menteri Hongaria PM Viktor Orbán ke Indonesia pada Februari 2016 serta hasil SKB ke-III di Hongaria. Pada SKB ke-IV dimaksud, kedua negara bertukar pandang mengenai kondisi perekonomian kedua negara serta membahas kerja sama konkret antara kedua negara. Di antaranya kerja sama di bidang penyediaan air bersih melalui proyek Sistem Penyediaan Air Minum di Ibu Kota dan Kecamatan (SPAM IKK) yang akan dibangun di 34 lokasi di Indonesia. Proyek penyediaan air bersih merupakan salah satu prioritas pembangunan di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, kedua negara juga membahas potensi kerja sama bilateral yaitu di bidang perdagangan dan investasi, pertanian, perikanan, dan budidaya, energi, aplikasi nuklir, infrastruktur, teknologi informasi, ekonomi digital, keuangan dan perbankan, pendidikan, kebudayaan, serta isu kerja sama potensial lainnya.

Setelah pelaksanaan SKB ke-IV, dilaksanakan Bisnis Forum RI Hongaria di Menara KADIN RI di Kuningan, Jakarta Selatan. Pada Bisnis Forum tersebut hadir kurang lebih 25 pengusaha Hongaria dari 15 perusahaan di bidang-bidang antara lain: pertanian dan industri makanan; teknologi informasi, industri penerangan, olah raga, pelayanan kesehatan dan bioteknologi. Dalam Forum Bisnis dimaksud, para pengusaha RI dan Hongaria menjajaki potensi berbagai kesepakatan bisnis antara kedua negara. (raf)