Andil IMOS Perbesar Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

IMOS 2018

Kastara.id, Jakarta – Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 telah resmi dibuka oleh Menteri Perindustian Airlangga Hartarto yang didampingi Ketua Umum AISI Johannes Loman, Ketua Penyelenggara IMOS 2018 Sigit Kumala, dan Presiden Direktur Amara Group Andy Wismarsyah.

IMOS 2018 yang berlangsung di JCC Senayan diharapkan bisa menjadi gambaran perkembangan industri sepeda motor di tanah air. Bahkan Menperin Airlangga Hartarto sangat berharap agar produksi ekspor bisa mencapai 10% hingga akhir tahun ini.

Di sisi lain, perkembangan industri sepeda motor di dalam negeri juga mendorong para pelaku pasar motor meningkatkan pelatihan perbengkelan dan keterampilan di daerah-daerah selain Ibukota Jakarta. Bahkan Ketua Umum AISI Johannes Loman optimistis dampak tren positif yang akan memperbesar kontribusi industri sepeda motor bagi pertumbuhan ekonomi negara.

Baca Juga:  Menggandeng Negara Asia Pasifik Demi Akselerasi Industri 4.0

Dengan begitu, masing-masing produsen juga terus berinovasi dan mengembangkan teknologi, untuk menjawab kebutuhan mobilitas yang lebih baik di masa depan.

IMOS 2018 diikuti lebih dari 60 merek dari beberapa kategori produk dengan berbagai program menarik mulai dari peluncuran produk hingga promonya.

Di IMOS 2018, Yamaha meluncurkan varian Yamaha Xabre baru untuk mengisi persaingan di kelas naked-sportbike 150cc. Yamaha juga melakukan penyegaran di lini skutik Maxi-nya, yaitu NMAX dan XMAX.

Sementara Suzuki menghadirkan Burgman Street yang telah diperkenalkan di Auto Expo 2018 India serta GSX150 Bandit.

Sementara sang pemimpin pasar, Honda, juga gak mau kalah dengan memajang motor trail Honda CRF 150L. Sedangkan Kawasaki menampilkan Ninja 125 yang sebelumnya telah diperkenalkan di Intermot 2018 di Cologne, Jerman. Varian terkecil dari keluarga Ninja ini melengkapi varian terbaru All New Ninja 250 yang juga hadir pertama kali di Indonesia.

Baca Juga:  Kemenperin-Enterprise Singapore Sepakat Adopsi Industri 4.0

Menariknya, ajang IMOS 2018 ini juga menghadirkan teknologo terkini demi menunjang kemanan dan kenyamanan. Seperti Honda yang menghadirkan teknologi eSP (Enhanced Smart Power), Idling Stop Sysem (ISS), serta Power Charger untuk mengisi ulang baterai smartphone pada saat berkendara.

Sedangkan Yamaha mengandalkan teknologi yang disematkan pada Yamaha Nmax, seperti mesin Blue Core, Variable Valve Actuation (VVA), serta pengereman dengan sistem Anti-lock Brake System (ABS).

Selain sepeda motor, pengunjung pameran juga berkesempatan untuk membeli helm “NHK PREDATOR 2V” dengan harga khusus pada pukul 17.00–19.00 WIB. Juga ada program lainnya seperti belajar di dalam kelas safety riding, donor darah sebagai aksi peduli sesama, serta melihat kumpulan motor gede di atas 500cc di Big Bike Parking Area.

Baca Juga:  Mengincar Pabrik Pintar Jadi Rujukan Implementasi Teknologi Industri 4.0

Dan menariknya, pada hari terakhir akan diundi tiket yang berhadiah total empat sepeda motor dari masing-masing anggota AISI, yaitu Honda, Suzuki, Kawasaki, dan Yamaha. (rso)