MotoGP 2020

Kastara.ID, Barcelona – Cuma butuh waktu sekitar empat bulan sejak MotoGP 2020 seri pembuka, pembalap Spanyol Alex Marquez akhirnya muai menemukan kiat mengagumkan di atas Honda RC213V.

Sepanjang Oktober lalu, pembalap Repsol Honda itu mulai konsisten menunjukkan kecepatan mengesankan sejak Le Mans, berlanjut ke Aragon 1. Namun di Aragon 2 harus terjatuh, tapi kecepatannya sangat mengesankan.

Di Aragon 1 Alex sempat memburu pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir di lap-lap terakhir untuk mengklaim podium kedua, bahkan di tiga lap terakhir ia juga nyaris melewati pembalap Suzuki lainnya, Alex Rins.

Mir yang sempat bertarung dengan Alex, mengatakan bahwa ia melihat anak Cervera itu mengendarai Honda jauh berbeda dengan kakaknya, Marc Marquez.

 

Jika Marquez disebutnya tampil liar, agresif, dan mengerem dengan sangat keras, tapi di mata Mir, Alex berbeda. Alex sangat bersih dan lembut, terutama saat masuk tikungan.

“Kami selalu melihat Honda secara berbeda, dengan gaya balap yang sangat agresif,” kata Mir kepada Motorsport-Total, merujuk ke cara Marquez membawa motor selama ini.

“Dengan mengerem sangat keras, dikendarai seperti binatang. Begitulah cara Marquez berkendara, tapi saya tidak pernah melihatnya di Alex,” papar Mir.

 

“Saya melihat garis yang sangat jelas seperti (membawa mesin) empat inline four. Itu sangat mengesankan dan saya tidak menduganya,” imbuh pembalap Spanyol itu.

Penguji Honda, Stefan Bradl, juga mengonfirmasi di Aragon bahwa set-up baru telah membuat putaran motor V4 jauh lebih baik dan lebih mudah. Kita lihat saja di tiga seri pamungkas nanti. (tra)