MAN 2 Juara International Youth Robotic Competition di Bangkok

International Youth Robotic Competition 2018

Kastara.ID, Jakarta – Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta berhasil meraih prestasi di ajang International Youth Robotic Competition (IYRC) 2018. Tim MAN 2 Jakarta menjadi yang terbaik pada kategori Humanoid Robot Mission.

IYRC 2018 berlangsung di Bangkok, Thailand, 30 November-1 Desember 2018. Tim MAN 2 Jakarta terdiri dari Andika Novriatama Saputra, Mohammad Idza Faizurrahim, dan Muchtar Yahya. Selain itu, ada juga tim robotik dari MAN 4 Jakarta.

IYRC 2018 ini diikuti oleh 30 negara, di antaranya Israel, Kazakhstan, India, Vietnam Malaysia, Singapor, China, Koreas Selatan, Myanmar, dan Indonesia. Total ada 1.200 peserta yang terbagi ke dalam sejumlah kategori.

Kepala MAN 2 Jakarta Nurlelah menjelaskan bahwa MAN 2 Jakarta mengikuti tiga kategori kompetisi, yakni Humanoid Robot Mission, Creative Science Project, dan Save The Forest: Marine Transporter.

“Alhamdulillah, untuk kategori Humanoid Robot Mission yang diwakili oleh Andika Novriatama Saputera, meraih juara I. Sedangkan untuk kategori Creative Science Project, MAN 2 berkolaborasi dengan MAN 4 Jakarta meraih peringkat ke-8,” jelas Nurlelah di Jakarta, Senin (3/12).

“Pada ajang IYRC ini, tim dari MAN 2 Jakarta lebih fokus pada Creative Science Project, yakni membuat robot untuk penanggulangan banjir, pencegahan sesaat kejadian dan sesudah kejadian banjir. Sedangkan Humanoid Robot Mission hanya dipersiapkan dalam dua hari dan Alhamdulillah malah juara 1,” tambahnya.

Robotik merupakan kegiatan ekstrakurikuler MAN 2 Jakarta. Sebagai kegiatan ekstrakurikuler, robotik diselenggarakan secara rutin, baik ketika mau menghadapi kompetisi maupun tidak. (put)