Kastara.ID, Jakarta – Wakil Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Irwandi mengatakan, pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Senen telah dikuasai sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas). Irwandi menyebut ormas tersebut telah menghasut PKL agar menolak dipindahkan dari bahu jalan.

Irwandi menjelaskan, sebenarnya para PKL sudah bersedia dipindahkan. Tapi karena hasutan ormas, mereka jadi menolak. Terlebih ormas tersebut juga mengancam para PKL. Ormas tersebut mengancam dan menyebut PKL telah berkhianat jika bersedia dipindahkan ke Pasar Kenari.

Namun Irwandi enggan menyebut nama ormas yang telah menguasai PKL Senen. Ormas tersebut, menurut Irwandi, bersikap seolah-olah menjadi pahlawan dan membela kepentingan PKL. Padahal sebenarnya ormas itu mempunyai kepentingan sendiri. Pasalnya ormas kerap mencari kepentingan dari PKL yang berdagang di bahu jalan Senen. Ormas tersebut meminta ‘uang keamanan’ dari PKL.

Sebelumnya Pemkot Jakpus berniat memindahkan PKL dari bahu jalan Senen ke Pasar Kenari. Namun para PKL menolak dengan alasan takut dagangannya tidak laku. Pemkot Jakpus pun mengubah rencananya. Jika semula PKL dipindah ke Pasar Kenari, kini Pemkot Jakpus akan memindahkan ke Pasar Baru Metro Atom. (hop)