Ekosistem eSports Diyakini Mampu Lahirkan Atlet Berprestasi

eSports

Kastara.ID, Jakarta – Menpora Imam Nahrawi menerima kunjungan dari Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan jajarannya seperti Deputi Infrastruktur Hari Sentosa Sungkari, Kasubdit Manajemen Pelaksanaan TIK Azhar Iskandar dan Analis TIK Aditya Danar Wibisino di Lantai 10 Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (4/1). Pertemuan ini membahas seputar ekosistem eSports di Indonesia.

Tak hanya itu, pengembangan atlet Indonesia di bidang eSports juga diperbincangkan agar menghasilkan prestasi di kejuaraan internasional. “Hari ini saya kedatangan tamu Pak Triawan Munaf yang menginisiasi sebuah hal besar bagi masa depan anak muda Indonesia yaitu membangun ekosistem eSports di Indonesia dan kita harapkan nanti kerja sama Bekraf dengan Kemenpora nanti menghasilkan tidak hanya industri pengembangan eSports, tapi juga atlet yang berprestasi di eSports,” kata Menpora.

Baca Juga:  Livi Zheng Raih Penghargaan ‘Tourism Marketeer of Year 2019’

Menurut Menpora, ekosistem yang sedang dibangun ini sangat baik sekali karena antara Kemenpora-Bekraf memiliki kesamaan pandang bahwa eSports tidak hanya melahirkan orang hebat yang menjadi atlet, tapi industrinya harus berkembang dan menjadi yang terbaik.

“Kita akan menyiapkan atlet untuk Sea Games dan Asian Games yang akan datang. Ekosistem ini yang sedang kami bicarakan dan ini sangat bagus sekali. Yang pasti ini akan sangat menggurita di kelompok masyarakat. Makanya kita kelola sampai dengan penyiapan atlet hingga ke prestasinya. Stok atlet sangat bagus, tinggal mencari pelapisnya,” jelas Menpora.

Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf juga menyampaikan hal yang sama. Dia menerangkan, Kemenpora dengan Bekraf sudah menjalin kerja sama sebelumnya. Menurutnya, eSports harus dikembangkan lebih maju. “Di Sea Games dan Asian Games yang akan datang, kita terus mempersiapkan diri. Kita ingin atlet kita profesional di bidang ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Liliyana Natsir: Selamat Tinggal Bulutangkis

Dalam kesempatan tersebut Menpora didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal, Staf Khusus Bidang Kepemudaan Anggia Ermarini, Staf Khusus Bidang Olahraga Tommy Kurniawan, dan Staf Khusus Bidang Komunikasi Kemitraan Zainul Munasichin. (lan)