Kastara.Id,Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama  Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Depok Indra Gunawan, menghadiri peluncuran satu Juta Gerakan Masyarakat Pemasangan Patok Batas (Gempatas) oleh Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional secara virtual se-Indonesia, di Lapangan Bola Irekap, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong,Walikota didampingin Sekda Kota Depok  Supian Suri , Camat Cilodong Bambang Eko,Jumat.(3/2)

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) bersama BPN Depok terus meningkatkan pensertifikatan bidang tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Tahun ini, Kota Depok mendapat alokasi 1.900 bidang tanah yang akan tersertifikasi dari Kementerian ATR/BPN RI.

“Tahun lalu, sebanyak 8.000 bidang tanah yang sudah tersertifikat, dan tahun ini 1.900 bidang tanah, jadi tinggal 50 ribu bidang tanah lagi ke depannya,” jelas Idris usai kegiatan.

Idris mengatakan, 620 ribu bidang tanah di Kota Depok telah diajukan ke Kementerian ATR/BPN untuk tersertifikat. Dari jumlah tersebut yang sudah tersertifikasi 90 persen, maka sisanya 10 persen sama dengan 60 ribu bidang tanah belum memiliki sertifikat.

“Masalah tanah sering membuat gelisah karena keinginan mendapatkan sertifikat tanah, ini yang menjadi perhatian pemerintah, maka, ada program PTSL, dan ada lagi Gemapatas,” kata  Idris.

Masih kata Idris , ribuan calon penerima manfaat PTSL tersebar di tujuh Kelurahan yaitu Kalimulya, Jatimulya, Cilodong, Sukamaju, dan Kalibaru di Kecamatan Cilodong. Lalu Kelurahan Rangkapan Jaya Baru dan Depok Jaya di Kecamatan Pancoran Mas.

“Tahun 2025 saya bermimpi Depok menjadi kota lengkap PTSL, kita harus kerja sama, di antaranya tenaga ukur, kita berdayakan masyarakat, khususnya LPM harus pintar mengukur (bidang tanah),” ungkapnya.

“Nanti akan kita adakan kerja sama dalam bentuk pelatihan SDM tenaga pengukur yang melibatkan masyarakat,” tutup Idris.