Tiket.com

Kastara.ID, Jakarta – Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara tiket.com dengan Kementerian Pariwisata RI sebagai mitra resmi pemerintah, dilakukan lewat peluncuran program #tiketWonderfulIndonesia.

Penandatanganan #tiketWonderfulIndonesia dilakukan oleh Co-founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa bersama Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kementerian Pariwisata RI, Rizki Handayani Mustafa di Skye Restaurant, Jakarta. Penandatanganan kerja sama ini juga turut disaksikan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dan CEO tiket.com George Hendrata. 

Menpar berterima kasih dan berharap dengan adanya kerja sama antara tiket.com dan Kementerian Pariwisata akan membuat target wisman dan wisnus dapat tercapai. “Saya berharap melalui kerja sama ini dapat meningkatkan jumlah wisman dan wisnus,” ujar Menpar. 

Sejak menandatangani nota kesepahaman menjadi mitra resmi co-branding Wonderful Indonesia pada Agustus 2017, tiket.com sebagai pelopor Online Travel Agent (OTA) di Indonesia karya anak negeri, selalu berusaha dapat bersinergi dengan Kementerian Pariwisata memajukan sektor pariwisata domestik dengan mengajak turis dalam negeri maupun mancanegara, untuk berlibur ke Indonesia. Semakin memperkuat serta mempererat kerja sama, kedua pihak melangsungkan penandatanganan PKS sekaligus mengusung program bertajuk #tiketWonderfulIndonesia untuk dapat lebih agresif membangun ekosistem program kerja sama.

Melalui kerja sama ini, tiket.com juga akan memusatkan untuk mengangkat 15 Destinasi Wisata Branding yang telah ditetapkan oleh Kemenpar, yaitu Bandung, Bali, Jakarta, Kepulauan Riau, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Makassar, Lombok, Banyuwangi, Danau Toba, Palembang, Labuan Bajo hingga Padang, dengan fokus menyasar pada destinasi untuk generasi milenial.

Guna mendukung Program 3 Senjata Pamungkas yang dimiliki oleh Kemenpar, tiket.com turut serta membangun ekosistem program berupa tiga pilar co-creation yang menyentuh seluruh komponen mulai dari Super Extraordinary Efforts, Extraordinary Efforts, dan Ordinary Efforts.

Dari ketiga pilar tersebut tiket.com akan membantu pemerintah dalam mendorong program Super Extraordinary Efforts, di antaranya Low Cost Terminal (LCT) dan Border Tourism. Tiket.com akan menyasar target Border Tourism, bagi turis yang membeli tiket pesawat menuju ke Pulau Batam dengan memberikan fasilitas free shuttle atau penjemputan gratis di Bandara Hang Nadim yang direncanakan akan juga bersinergi dengan mitra co-branding Kemenpar lainnya.

Kedua pilar lainnya, Extraordinary Efforts akan memberikan hot deals untuk tiket pesawat dan hotel bagi turis yang ingin berkunjung ke 15 Destinasi Wisata Branding, serta Ordinary Efforts merupakan bentuk publikasi co-branding dari sisi konten kreatif mulai dari, travel web series di kanal YouTube tiket.com dan konten informasi berupa tulisan artikel pariwisata dalam blog tiket.com yang terhubung juga dengan media sosial untuk menjangkau kaum milenial. Ke depannya akan terdapat berbagai co-creation yang disinergikan dengan berbagai macam produk yang dimiliki oleh tiket.com dalam bentuk hot deals bundling.

Menpar Arief Yahya menyambut baik kerja sama antara tiket.com dengan Kementerian Pariwisata RI melalui program co-branding #tiketWonderfulIndonesia. Dengan komunikasi brand tiket.com yang fun and friendly, diharapkan sektor pariwisata Indonesia bisa terbantu dalam menarik minat para generasi milenial untuk menjelajahi keanekaragaman objek wisata dan budaya, serta sekaligus dapat berkolaborasi dengan event kelas dunia di Indonesia yang turut membawa wisatawan mancanegara datang ke sini.

Menurut Co-founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa, melalui kerja sama ini, pihaknya bangga dapat digandeng serta dipercaya oleh Kementerian Pariwisata, menjadi bagian dari mitra Wonderful Indonesia untuk turut menggarap pasar milenial.

“Sebagai partner co-branding Wonderful Indonesia, kami sangat terbuka mengakomodir segala kebutuhan generasi milenial untuk berlibur. Tidak hanya berhenti sampai di situ, tiket.com juga mulai memasuki event-event kelas internasional yang sedang menjadi trend di kalangan milenial,” ujar Gaery.

Selain tiga program di atas, tiket.com akan terus mendukung Kemenpar untuk memajukan pariwisata di Indonesia dengan program lainnya. Dengan mengusung co-branding ini, akan menumbuhkan minat dan daya tarik wisatawan domestik maupun internasional untuk berlibur ke destinasi menakjubkan di Indonesia. (nad)