MotoGP 2020

Kastara.ID, Milan – Pembalap Mission Winnow Ducati Andrea Dovizioso hingga kini belum memutuskan untuk masa depannya di MotoGP. Pilihannya ia akan tetap di Ducati, pindah tim, atau malah akan pensiun.

Soal masa depannya, Dovi justru ingin melihat pembalap Spanyol Marc Marquez menggunakan motor selain Honda. Dovi melihat pembalap Spanyol itu sejak naik ke MotoGP pada 2013 belum pernah pindah ke tim lain.

Namun Marquez justru telah berkomitmen untuk memperpanjang kontraknya empat tahun lagi (hingga dan termasuk 2024) bersama Repsol Honda di MotoGP.

“Marquez telah menaikkan standar dan kuat dalam banyak hal. Itulah faktanya. Tentu saja dia akan mampu beradaptasi dengan semua motor, tapi apakah dia bisa menang di tim mana pun, kita tidak bisa mengatakan dengan pasti,” ujar Dovi ke Gazzetta dello Sport, seperti dilansir Motorsport-Total.

Sebagai catatan, Dovi sudah pernah membela Honda, Yamaha, dan Ducati. “Beradaptasi dengan motor baru membutuhkan waktu, dan banyak hal dapat terjadi selama waktu ini. Saya ingin melihat dia dengan pabrikan lain, karena dengan Honda dia telah memenangkan segalanya,” imbuh Dovi.

Selama ini Dovi sudah pernah bersama tim pabrikan dan juga tim satelit. Menurutnya, apakah sekarang ada pembalap yang bisa menang dengan tim satelit, seperti pembalap Prancis, Fabio Quartararo bersama tim Satelit Petronas Yamaha SRT, bagaimana pendapat Dovi.

“Itu semua tergantung dengan bagaimana tim satelit dibentuk. Jika Anda punya motor resmi, suku cadang yang tepat, pembaruan dan jika Anda adalah pembalap yang penting dalam pengembangan, Anda dapat menang juga. Memang benar bahwa statistik mengatakan sebaliknya, tapi hanya karena itu adalah pembalap terkuat di tim resmi,” paparnya.

Dalam tiga musim terakhir Dovi telah gagal mengamankan gelar juara dunia, tapi berhasil membawa pulang tiga kali runner-up berturut-turut sejak 2017. (tra)