Cianjur

Kastara.ID, Jakarta – Seorang pasien suspect atau terindikasi terserang virus corona berisial D di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (3/3) di Rumah Sakit Dr Hafidz (RSDH) Cianjur. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal yang memberikan keterangannya kemarin di RSDH Cianjur.

Sebagai tindak lanjut, menurut Yusman, Dinkes Cianjur akan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan keluarga pasien tersebut.

Selain itu Dinkes juga akan memeriksa dan memantau kondisi kesehatan warga yang tempat tinggal pasien tersebut di Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Pasalnya keluarga dan warga sekitar sebelumnya telah berinteraksi dengan pasien suspect virus corona atau COVID-19 itu. Meski masih berstatus suspect, setiap orang yang sudah berinteraksi dengan pasien harus dilakukan pemeriksaan sebagai langkah antisipasi.

Sementara Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Cianjur Iyus Yusuf menegaskan, pasien masih berstatus suspect atau diduga terjangkit virus corona. Iyus menambahkan, pasien sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan. Sampel pemeriksaanya juga sudah dikirim ke Jakarta. Namun hingga kini, hasilnya belum diperoleh. Sehingga pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur belum bisa menentukan apakah pasien terkena corona atau tidak.

Iyus menjelaskan, pasien tersebut adalah warga Bekasi, Jawa Barat. Namun saat menderita sakit, pasien sedang berkunjung ke rumah keluarganya di Cianjur. Pasien memang memiliki riwayat sempat melakukan kunjungan ke Malaysia. Virus corona saat ini dikabarkan juga sedang menyerang negeri jiran itu dengan jumlah pasien mencapai 22 orang.

Sedangkan di Indonesia, dua orang warga Depok, Jawa Barat, dipastikan terserang virus penyakit mematikan asal Wuhan, China itu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (2/3) secara resmi mengumumkan virus corona sudah memasuki Indonesia. Kedua pasien saat ini tengah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Sulianti Saroso (RSPI) Jakarta Utara. (ant)