Studio Alam Indah (SAI)

Kastara.ID, Depok – Warga Perumahan Studio Alam Indah (SAI)  RT 07 RW 10, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya mulai menggeliatkan kegiatan bercocok tanam. Para warga menanam berbagai jenis bibit sayuran, buah-buahan, dan tanaman obat keluarga (toga) dengan memanfaatkan lahan Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum).

Ketua RT 07 Perumahan SAI, Bangbang Irawan menjelaskan, kegiatan baru di lingkungannya ini merupakan upaya untuk meningkatkan keguyuban antarwarga. Pasalnya, selama pandemi Covid-19 pertemuan warga yang biasa dilakukan setiap waktu menjadi terhambat.

“Karena melihat potensi ibu-ibu SAI memiliki hobi menanam sayuran organik di rumahnya, maka kita berinisiatif mengadakan kegiatan ini dan mereka antusias manfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam,” katanya seperti dimuat disitus resmi Kota Depok (3/3).

Dia merinci, jenis bibit sayuran yang ditanam di antaranya daun bawang, bayam merah, bayam brazil, seledri, tomat, pakcoy, kemangi, dan bayam hijau. Lalu bibit buah yaitu jeruk limau, jeruk purut, jeruk nipis, dan sawo mentega.

“Untuk bibit toganya ada kencur, kunyit putih dan kuning, serai merah, jahe merah, lengkuas, singking, lidah buaya, dan daun jinten,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Lurah Sukmajaya Achmad Munandar mengapresiasi warga SAI dan para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat kelurahan yang telah mendorong terwujudnya kegiatan menanam tersebut.

Lanjut Achmad, hasil dari bercocok tanam ini dapat menunjang perekonomian dan kebutuhan pangan warga setempat. Namun, imbuhnya, harus dipanen secara berkesinambungan dan terus menerus.

“Warga yang lainnya juga harus mulai menanam dengan memanfaatkan halaman di teras rumah,” tandasnya. (lan)