Kastara.ID, Kebumen – Politisi Partai Golkar yang juga Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi sikap para kiai dan santri yang telah menjadi penyejuk di tengah suasana kebangsaan yang semakin menghangat akibat Pemilu 2019.

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, kehadiran kiai dan santri di tengah masyarakat bukan hanya telah mengajarkan bagaimana menggapai kehidupan akhirat saja, tetapi juga menjadi teladan bagaimana membangun hubungan yang baik antar sesama manusia.

“Hubungan secara vertikal manusia kepada Allah dan hubungan secara horizontal sesama manusia harus dijalankan dengan selaras. Jangan karena akibat Pemilu, kita politisasi agama dan mengatasnamakan Tuhan hanya untuk memuaskan nafsu kekuasaan,” kata Bamsoet usai Istiqhosah Forum Kiai dan Santri Kabupaten Kebumen (FKSK), di Balai Pertemuan Hotel Mixolie, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (4/4).

Politisi Golkar ini mengingatkan, sebagai makhluk paling sempurna yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa, manusia seharusnya menunjukkan perilaku yang beradab. Bukan perilaku yang merusak dan tidak bermoral.

Dalam forum yang diadakan sebagai ajang silaturahmi dan istighotsah ini juga dilangsungkan ‘Deklarasi Seribu Kiai dan Santri Kabupaten Kebumen’ mendukung pasangan Jokowi-KH Maruf Amin pada Pilpres 2019.

Dukungan tersebut datang sebagai wujud kecintaan dan apresiasi para kiai dan santri atas berbagai capaian yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi selama memimpin Indonesia pada periode 2004-2009.

Turut hadir antara lain Kiai Nasir Ghozali (Pondok Pesantren Lirboyo Kediri), Kiai Bahmad (Ponpes Pesantren Sarang Kediri), Kiai Badrudin Zein (Pondok Pesantren Sarang Rembang), Kiai Masdar (Pondok Pesantren Api Tegalrejo Magelang), Kiai Mudzakir (Pondok Pesantren Mbendo Pare Kediri), Gus Mahin (Pondok Pesantren Jampes Kediri), Kiai Lutfi Imam (Pondok Pesantren Darusalam Watucongol Magelang), Kiai Agus Susanto (Pondok Pesantren An Nawawi Berjan Purworejo), Gus Fachrudin (Pondok Pesantren Al Kahfi Kebumen), Kiai Juned (Pondok Pesantren Al Huda Jetis Kebumen), Kiai Bustomi (Pondok Pesantren Al Hasani Kebumen), Halimah Nurhayati (Tim Pemenangan Daerah Jokowi-KH Maruf Amin), serta kiai dan santri dari pondok pesantren lain di Kebumen. (danu)