Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019 kategori Kota sebagai Perencanaan dan Pencapaian Terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar). Selain itu, Kota Depok juga berhasil masuk peringkat 16 besar tingkat nasional untuk kategori kota.

Menurut Kepala Bappeda Kota Depok Widyati Riyandani, PPD 2019 Kota Depok diberikan dalam bidang perencanaan pembangunan satu data dan realisasi dari kesesuaian antara perencanaan dan langkah-langkah realisasi. Selain itu bertujuan untuk meningkatkan perencanaan dan pelaksanaan yang berkualitas, transparan, dan akuntabel.

“Alhamdulillah kami mendapat prestasi yang membanggakan sebagai perencana terbaik se-Jabar. Hal itu membawa nama baik Kota Depok,” ujar Widyati di Balai Kota Depok, Kamis (4/4).

Kota Depok berhasil melewati sejumlah aspek, kriteria, dan indikator penilaian dokumen yang telah dilakukan. Di antaranya aspek pencapaian pembangunan dengan bobot penilaian sebesar 40 persen, aspek kualitas dokumen RKPD sebesar 40 persen, dan aspek inovasi sebesar 20 persen.

Dalam penilaian untuk PPD ini melalui multiple assesment yang meliputi tiga aspek penilaian. Yaitu penilaian dokumen perencanaan, verifikasi dan kunjungan lapangan, serta presentasi dan wawancara.

“Perencanaan merupakan sebagian realisasi prinsip pembangunan di Depok. Maka dari itu, perencanaannya harus bagus, sehingga e-budgeting dan e-governance insya Allah berjalan dengan baik,” imbuhnya. (*)