Kastara.ID, Termas de Rio Hondo –  MotoGP Argentina 2023 yang berlangsung Ahad (2/4) lalu berjalan dalam kondisi hujan.

Sirkuit Termas yang awalnya ‘agak kotor’, menjadikan percikan air mengandung pasir dan kotoran. Hal ini sangat menyulitkan pembalap kelompok belakang, terutama masalah pandangan.

Tak hanya mengkhawatirkan percikan air, tapi juga pasir dan kotoran yang bercampur dengan hujan.

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Jack Miller menceritakan bahwa dia harus mengelap kaca helm dengan tangannya setiap beberapa lap.

Miller pun menyindir balapan MotoGP di Termas sudah seperti motocross karena masalah ini.

“Visibilitasnya mengejutkan di beberapa lap pertama, jujur saja,” ungkap Miller seperti dilansir Crash.net.

“Masalahnya adalah kaca depan kotor, jadi Anda tidak bisa melihat apa-apa dari itu, jadi Anda seperti menjulurkan kepala ke bawah mencoba untuk melihat,” terang Miller menggambarkan situasi sulit yang dihadapinya.

Dengan banyaknya kotoran artinya Miller menggunakan sobekannya dan harus menyeka pelindung helmnya ‘ala motorcross’ setiap beberapa lap.

“Helmnya bekerja sangat baik, tidak bocor sama sekali,” papar Miller yang tahun ini mulai menggunakan brand Alpinestars.

“Saya menahan robekan selama sekitar tiga lap dan kemudian membuangnya dan hanya menyeka (kotoran dari pelindung) dengan tangan saya. Setelah Tikungan 10, saya seperti, ‘waaaah’, pada sudut miring, benar-benar datar (keluar) dan melepaskan tangan saya untuk menyelap percikan kotoran! Itu sedikit seperti motorcross! Setiap 3 atau 4 lap Anda harus mengelapnya hanya karena ada banyak pasir dan kotoran di dalam air,” tandas Miller.

Miller menuntaskan balapan di posisi ke-6, hasil yang lumayan bagus mengingat posisi start dari urutan ke-16 di starting grid. (tra)