Prabowo-Sandi

Oleh: M. Nigara

GARA-gara para petugas terlalu sensi di Cileungsi, Bekasi, saat ini mayoritas rakyat Indonesia malah bangkit. Satu baliho dipaksa turun, ribuan baliho ucapan selamat atas kemenangan Prabowo-Sandi sebagai presiden pilihan rakyat, justru bermunculan.

Bukan hanya itu, suara rakyat yang jumlahnya menurut lembaga independen dan internal BPN, sekitar 60 persen dari 192 juta hak suara di Pilpres 2019, memilih Paslon 02, justru lebih berani. Di banyak tempat dan banyak daerah, mereka mendeklarasikan kemenangan.

Hal ini sungguh tak terduga. Awalnya rakyat yang memilih Prabowo terlihat tenang-tenang saja. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang nyaris pasrah karena termakan propaganda quick count dan real count KPU yang menyerang lewat media main stream. Meski tim independen Jurdil.org dan tim independen lain coba membantah, tapi gemanya kurang kuat.

Namun, begitu kasus baliho raksasa di depan komplek perumahan Limus Pratama, Cileungsi Bekasi jadi viral, kesadaran rakyat sekonyong-konyong muncul kembali. Mereka melakukan perlawanan yang nyata. Baliho-baliho, spanduk-spanduk, vlog-vlog, bermunculan di medsos. Jagad nasional jadi hangat kembali.

Kasus ini nyaris sama seperti saat bendera dan topi yang bertuliskan kalimat tauhid di larang 2016, jutaan bendera dan topi justru bermunculan. Buntutnya Ahok petahana Gubernur DKI yang didukung kekuasaan dan uang melimpah, malah rontok.

Jumat (3/5), alumnus SMA se-Jakarta, Bonsie SMA 12, 08-02 PADI (SMA 8), Jalak 7 (SMA 7), PADI 4 (SMA 4), Granat Cijantung, Koalisi PADI STP/IISIP, dan Jasma (Jaringan Alumni SMA) melakukan syukuran untuk menyambut kemenangan Prabowo-Sandi, di Kertanegara 4. Gerakan ini diharapkan bisa memacu alumni-alumni SMA dan perguruan tinggi di seluruh tanah air ikut tergerak agar rakyat yang sudah berjuang paham bahwa suara mereka tidak sia-sia.

Gerakan ini diperkirakan bertambah semangatnya saat Ramadan. Semangat perjuangan itu tentu menjadi lebih meningkat. Rasulallah juga beberapa kali perang besar dalam Ramadan dan menang besar. Lalu, Proklamasi RI, terjadi 9 Ramadan. Artinya, jika di Ramadan kali ini perjuangan akan meningkat, bukan hal yang tidak mungkin.

Apalagi tim BPN sudah bisa menemukan dan melampirkan tak kurang dari 73 ribu kesalahan input, sejumlah besar kecurangan dan kejahatan demokrasi, dan lainnya. Artinya dengan meningkatnya semangat perjuangan di Ramadan ini, kiranya Allah memberikan kemenangan yang nyata. Aamiin…. (*)

*Wartawan Senior