Ramadhan Fest

Kastara.ID, Jakarta – Bupati Kepulauan Seribu Junaedi membuka Ramadhan Fest yang diselenggarakan secara serentak di enam kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan mulai 4-8 Mei 2021.

Ramadhan Fest di Kepulauan Seribu merupakan kegiatan bazar hasil kolaborasi Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kepulauan Seribu berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Junaedi mengatakan, menyampaikan  terima kasih kepada OPD dan BUMD terkait yang telah merealisasikan kegiatan untuk membantu pemasaran pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan atau Jakpreneur.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu memudahkan warga mendapatkan kebutuhan dengan harga relatif murah dibanding harga pasar. Terlebih, ini sudah menjelang Lebaran,” ujarnya, Selasa (4/5).

Kepala Suku Dinas PPKUKM Kepulauan Seribu, Bangun Richard menambahkan, selain stan BUMD dan Dekranasda, sebanyak 84 Jakprenuer binaan dari Sudin PPKUKM, Sudin KPKP, Sudin Parekraf dan Sudin PPAPP dilibatkan dan difasilitasi untuk mengikuti Ramadhan Fest ini.

“Kita kurasi yang terbaik yang sudah memiliki perizinan usaha dan produknya dibutuhkan oleh masyarakat. Harapannya, melalui bazar ini Jakprenuer dapat memasarkan dan mengembangkan hasil produksinya,” terangnya.

Sementara Jakpreneur binaan Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Dewiyana (40) merasa bersyukur karena sudah diberikan kesempatan dan difasilitasi untuk mengikuti bazar Ramadhan Fest.

“Saya jualan keripik sukun, satu bungkus Rp 5 ribu, serta manisan rumput laut dan dodol rumput laut harganya Rp 10 ribu,” urainya.

Jakprenuer yang bergabung sejak satu tahun lalu ini mengaku, sejak terjadi pandemi COVID-19 produk usahanya sepi pesanan.

“Terima kasih, saya bisa mengikuti kegiatan ini untuk memasarkan produk usaha. Semoga banyak pembeli di bazar ini” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, lokasi pelaksanaan bazar Ramadhan Fest di Kepulauan Seribu meliputi Kelurahan Pulau Kelapa diadakan depan kantor kelurahan, Kelurahan Pulau Panggang di halaman Plaza Kabupaten, Kelurahan Pulau Harapan di Taman Terpadu.

Kemudian Kelurahan Pulau Tidung di depan kantor kelurahan, Kelurahan Pulau Pari di kawasan dermaga utama, dan untuk Kelurahan Pulau Untung Jawa berlokasi Taman Arsa. (hop)