Masjid Istiqlal

Kastara.ID, Jakarta – Dharma Wanita Persatuan (DWP) DKI Jakarta menggelar wisata religi ke Masjid Istiqlal, Selasa (4/5).

Sebelum berkeliling masjid, rombongan mendapatkan informasi tentang sejarah dan perkembangan kondisi masjid oleh pengurus badan pengelola.

Wakil Ketua Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Temmy Her Pratama mengatakan, pihaknya senang mendapat kunjungan wisata dari rombongan DWP DKI Jakarta setelah rampung direnovasi pada awal Januari lalu.

“Masjid Istiqlal direnovasi secara besar besaran sejak Juli 2019 serta rampung di akhir 2020, setelah 41 tahun berdiri. Penataan di dalam areal dan lingkungan sekitar Masjid Istiqlal. Pencahayaan di dalam areal masjid menggunakan teknologi canggih sehingga tidak lagi mematikan lampu melalui saklar, tapi dikendalikan melalui ruang kontrol,” ujar Temmy.

Selain di dalam maupun lingkungan sekitar, sambung Temmy, penataaan juga dilakukan terhadap gedung parkir masjid yang mampu menampung sekitar 400 mobil.

“Penyediaan sarana parkir guna mengantisipasi pedagang yang berjualan menggunakan mobil di areal parkir,” paparnya.

Ia menuturkan, Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian PUPR juga sedang melakukan penataan di sekitar kawasan kali di samping masjid serta rencana penambahan akses pintu masuk areal Masjid Istiqlal.

“Kami juga akan menata ruang lantai IV dan V menjadi Museum Peradaban Islam,” pungkasnya. (hop)