Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan merayakan Idul Fitri pada Selasa (4/6). Seperti dilansir Arabnews.com, Mahkamah Agung Saudi mengatakan hilal atau bulan sabit sudah terlihat di beberapa bagian negara Arab Saudi pada Senin (3/6) malam wakti setempat. Sehingga 1 Syawal 1440 Hijriyah diputuskan jatuh pada esok harinya. Raja Salman bin Saud dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman pun telah mengirimkan ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam.

Selain Arab Saudi, beberapa negata Timur Tengah, seperti Kuwait dan Uni Emirat Arab (UEA) juga turut merayakan Idul Fitri pada hari yang sama. Negara-negara tersebut meyakini bulan Ramadan telah berakhir pada Senin (3/6) yang ditandai dengan kemunculan hilal.

Sementara itu beberapa negara lain, seperti Indonesia, Malaysia, Pakistan, dan Australia merayakan Idul Fitri pada Rabu (5/6). Pasalnya di wilayah tersebut hilal atau bulan sabit tidak tampak. Sehingga bulan Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Syawal 1440 H atau Hari Raya Idul Fitri 2019 jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019. Penetapan disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers sesaat setelah pelaksanaan Sidang Isbat, di Kantor Kemenag, Jakarta, Senin (3/6) malam. (rya)